21 September 2017

Belajar Adab Lewat Buku 101 Kebiasaan Hebat Anak Muslim



Assalamu'alaikum...

Sahabat Ummi...

Si kecil udah dibacain buku apa hari ini?. Kalau adek Khai, udah beberapa hari ini lagi asyik saya bacain buku 101 Kebiasaan Hebat Anak Muslim, karya Mbak Triatni Retno. Buku dengan cover berwarna cerah ceria ini berhasil bikin Adek Khai jatuh hati. Apalagi di covernya ada gambar meong anak alias anak kucing. Maklum, Adek Khai suka sekali dengan kucing. Nggak cuma covernya, ilustrasi di dalam bukunya juga nggak kalah menarik. Namanya juga anak-anak yang usianya masih di bawah 5 tahun. Hal yang bikin ia tertarik tentu secara visual.

Buku terbitan dari Quanta Kids ini sesuai dengan judulnya, ada 101 bahasan tentang kebiasaan atau rutinitas anak-anak. Di mulai dari aktivitas saat bangun tidur, makan, bepergian, bergaul, dll. Nggak hanya berupa cerita dan disertai gambar ilustrasi, tapi juga ada doa beserta artinya, yang berkaitan dengan bahasan. Anak-anak jadi tahu bagaimana adab yang diajarkan dalam agama Islam, lewat cerita-ceritanya yang singkat dan padat.

Sebagai orang tua, saya juga masih bisa bebas bereksplorasi terhadap ceritanya. Gimana nggak, Adek Khai suka lama memandangi gambar ilustrasinya, dan saya tetap harus bercerita hingga masuk ke lembar berikutnya. Seperti ketika membacakan tentang sarapan, selain membaca dan menjelaskan gambar ilustrasinya, Adek Khai juga bakal membahas tentang sarapan kesukaannya. Saya juga akan membahas tentang makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi, terutama tentang sayur. Yup, saya termasuk Ummi-ummi yang punya anak susah buat makan sayur.





Menariknya lagi, di halaman paling akhir buku ini, ada sebuah buku saku yang berisi kumpulan doa beserta artinya. Mbak Nai langsung mengamankannya dan dijadikannya pegangan untuk mengulang-ulang hafalannya. MasyaAllah... saya sangat suka konsep dari buku ini.

Sahabat Ummi...

penasaran juga dengan buku ini? tenang, buku ini ada di toko buku besar kok. Silahkan hunting, dan InsyaAllah anak-anak juga pasti suka ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar