Tips Memilih Al-Quran Sesuai Kebutuhan



Assalamu'alaikum...

Sahabat Ummi...

Sebagai umat islam, tentunya kita punya dong kitab suci yang menjadi pedoman hidup kita, yaitu Al-Quran. Nah, saya lumayan sering ditanya sama teman, kira-kira Al-Quran mana yah yang oke buat digunakan. Banyak banget macam Al-Quran dengan berbagai nilai tambahnya, seperti pada cover, ukuran, dan pelengkap lainnya.

Baca: Al-Quran yang saya gunakan

Terlebih, di bulan Ramadhan ini. Tentu kita ingin memperbanyak membaca Al-Quran. Penting banget untuk menggunakan Al-Quran yang bikin kita makin "betah" untuk membacanya. Nah, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam memilih Al-Quran mana yang akan digunakan, yaitu:

  • Sesuaikan dengan kemampuan mata. Iya, jangan gunakan Al-Quran yang mungil, tulisannya kecil, juga rapat. Ini bakal bikin nggak nyaman banget. Kecuali kondisi mata kita masih prima. Memang sih, ini praktis dari segi ukuran, gampang untuk dibawa kemana-mana dan dibaca kapan aja.
  • Al-Quran dengan terjemahan. Membaca Al-Quran tentu sebaiknya juga diikuti dengan membaca terjemahannya. Jadi, kita tahu apa arti yang kita baca. Nah, ada pilihannya, bisa terjemahan per kata, atau per ayat.
  • Al-Quran dilengkapi asbabun Nuzul, hadis seputar ayat, hikmah, indeks tematik, ada doa, dan hukum-hukum tajwid yang diberikan warna-warna yang berbeda. Di dalamnya juga dilengkapi bacaan tentang keutamaan membaca Al-Quran, adab dalam membaca Al-Quran, dan jadwal waktu shalat. Ada panduan ibadah sehari-hari lainnya seperti shalat, puasa, zikir, dan zakat, bahkan haji. Tujuannya, semakin memudahkan kita dalam mempelajari Al-Quran dan ibadah lainnya.
  • Ukurannya tidak terlalu besar. Yup, jadi pas dibawa-bawa ke pengajian, jadi lebih mudah.
  • Kertas yang digunakan paper premium (kuning luks), yang cahayanya lembut, tapi nggak redup. Bukan yang berwarna putih terang, karena bisa menyebabkan mata cepat lelah, akibat cahaya yang dipantulkan terlalu banyak ke dalam mata, sehingga otot retina berkontraksi.
  • Cek apakah sudah Standar Kementrian Agama RI dan Tashih Kementrian Agama RI. ini penting banget, biasanya terdapat di bagian depan Al-Quran setelah cover.
Sahabat Ummi...

Sekarang nggak bingung lagi dong yah, kalau mau beli Al-Quran. Semoga sharing saya ini bermanfaat ^___^


Bacalah Al-Quran, sesungguhnya Al-Quran itu akan datang pada hari kiamat untuk memberikan syafaat bagi orang yang membacanya (HR. Muslim)

Posting Komentar