Semur Ayam sebagai Menu Sahur yang Praktis dan Lezat

Assalamu'alaikum...

Sahabat Ummi...

Sebelumnya, saya udah pernah bahas menu buka puasa di sini. Sekarang, biar komplit ada menu sahurnya juga dong. Apakah itu? semur ayam. Kenapa semur ayam? bukannya bikinnya ribet. Ah nggak juga. Selain semur ayam itu bisa dibuat komplit (sekaligus ada sayurannya), semur ayam itu berkuah, juga bisa dibuat dengan cita rasa manis dan pedas.

Gimana caranya biar nggak ribet? Ayamnya tentu kita persiapkan yang udah digoreng. Begitu juga dengan bumbu halusnya. Pas mau sahur, tinggal cemplang-cemplung aja. Rasanya nikmat, aromanya khas banget. Trus, seperti yang saya bilang tadi, kita menambahkan bahan lain seperti tahu atau tempe (siapkan yang sudah digoreng), sayuran berupa wortel, buncis, atau labu siam. Biar pedas, bisa ditambahkan dengan cabe rawit utuh di dalamnya. Wow... pas kegigit, dijamin bakal bikin mata makin melek :D

Berikut yah bahan dan cara pembuatannya:

Bahan:
  • 10 potong ayam yang sudah digoreng
  • Bumbu halus yang terdiri dari: 7 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 1/2 sdt merica, 3 buah pala kemiri, 1 sdt ketumbar, dan 3 sdt garam.
  • Bumbu pelengkap lain, seperti 4 cm lengkuas yang sudah digeprek, 7 buah cengkeh, 10 sdm kecap manis, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 1 batang serai, 10 buah cabe rawit utuh.
  • Irisan daun sop dan bawang prei
  • 850 lt air
  • Bawang goreng
  • 10 sdm minyak goreng
  Cara membuatnya:
  • Tumis bumbu halus dan pelengkapnya, hingga harum. Setelah itu, masukkan ayam. Lalu tambahkan air, masak hingga mendidih, masukkan irisan daun sop dan bawang prei. Terakhir, hidangkan dengan taburan bawang goreng di atasnya. 
 Sahabat Ummi...

Gampangkan? anak saya doyan banget ini. Makan sahurnya jadi makin bersemangat dengan menu sahur ini, semur ayam. Selamat mencoba ^___^



4 komentar

huaaa gampaaang.. daun sop itu = daun banwang ya?
Kebetulan punya daging nih, mau coba aah..

Reply

Daun sop itu daun seledri Mbak :D

Hayuuuk cobain Mbak, daging juga enak :)

Reply

Sama,suka juga bikin semur.
Cicip resep yg ini aah

Reply

Toooos!

Silahkaaaan :D

Reply

Posting Komentar