Resep Kue Nastar Klasik



Assalamu'alaikum...

Sahabat Ummi...

Lebaran udah deket banget lho. Gimana, udah ready belum kuenya hehehe... Namanya juga lebaran yah, menyediakan kue itu udah tradisi. Untuk menjamu sanak keluarga saat bersilaturahmi ke rumah kita. Apalagi, kalau jarang banget bisa ngumpul keluarga secara komplit. Wah, maunya hidangan spesial tersaji di hari itu.

Saya pribadi, saat lebaran ada beberapa kue yang harus ada di dalam toples di atas meja tamu, yaitu salah satunya kue nastar. Nastar itu kue favorit bangeeeet. Kue rapuh, yang di dalamnya ada selai nenas yang nikmat. Nggak cuma saya, satu keluarga pada doyan.

Memori saya melayang ke masa kecil, bikin kue nastar bersama ibuk. Semua bentuk udah pernah kami coba, mulai dari bentuk nenas, keranjang, gulung, sampai buah cerry yang menggunakan cengkeh di atasnya. Dari yang polos, sampai yang menggunakan taburan keju di atasnya. Dulu, bagi saya kue nastar itu kue yang paling ribet bikinnya. Eh, pas udah jadi Emak, ternyata nggak sesulit yang dirasakan pas masih unyu dulu :D

Berikut resep Kue nastar klasik, yang biasa kami gunakan saat membuat kue nastar yang enaaaaak banget inih :D

Bahan:
  • 150 gr butter
  • 100 gr margarin
  • 3 butir kuning telur
  • 100 gr gula halus
  • 50 gr susu bubuk
  • 50 gr tepung maizena
  • 300 gr tepung terigu
  • 1/2 sdt vanili bubuk
Pelengkap: Selai nanas

Olesan: Campuran 2 kuning telur dengan 1 sdt madu

Cara Membuatnya:
  • Siapkan wadah, lalu masukkan gula, butter, margarin. Mixer semuanya sebentar aja, hingga tercampur. Selanjutnya, masukkan telur, kocok lagi sebentar.
  • Masukkan maizena, susu bubuk, dan vanili. Aduk hingga rata, dengan menggunakan spatula.
  • Terakhir, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Adon hingga rata, sampai teksturnya pas untuk dibentuk.
  • Adonan siap untuk dibentuk seperti selera kita. Mau digulung, dibuat keranjang, buah, dll.
  • Letakkan adonan nastar yang sudah dibentuk dan diisi selai ke dalam loyang yang telah dioles margarin.
  • Panaskan oven kurleb 15 menit, disuhu 140 dercel.
  • Nastar siap untuk dipanggang.
  • Saat setengah matang, keluarkan nastar. Hilangkan uapnya, lalu oles dengan kuning telur yang dicampur madu tadi. Bisa juga diberikan taburan keju di atasnya.
  • Panggang lagi hingga matang.
  • Setelah matang, keluarkan dari oven, dinginkan dan susun di cooling rak. Setelah itu, masukkan ke dalam toples
Sahabat Ummi...

Gimana, gampangkan bikinnya. O yah, kalau nggak punya oven, tenaaaang... bisa pakai double pan atau teflon lho!. Selamat mencoba ^____^

Posting Komentar