Nikmatnya Soto Medan dari Dapur Sendiri

Assalamu'alaikum...

Sahabat Ummi...

Pas Ramadhan gini, saya sukanya pas berbuka mengkonsumsi makanan yang berkuah. Selain bikin seger, juga baik banget untuk menambah cairan tubuh. Trus, kadang biar simple dan nggak ribet buat mikirin menu berbukanya, saya menyajikan soto aja. Komplit dong, ada karbo, protein, vitamin, dan mineralnya.

Bosan dengan soto biasa yang berkuah bening, nggak ada salahnya buat bikin soto dengan kuah creamy, seperti soto medan. Creamy nya karena menggunakan santan. Bahan dan cara membuatnya nggak ribet, hampir sama dengan soto biasa. Berikut resep sotonya:

Bahan:
  • 1/2 bagian ayam (bagian dada dan paha)
  • 1/2 lt santan cair
  • 1/2 lt santan kental
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai yang dimemarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas yang dimemarkan
  • Daun bawang yang diiris-iris
  • Bumbu halus: 8 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 1 sdt ketumbar, 1 sdt merica, 3 cm jahe, 1 cm kunyit, 1/2 sdt jintan sangria.
  • gulgar secukupnya
  • Pelengkap: mie, toge, telur rebus, irisan tomat, bawang goreng, jeruk nipis, sambal merah, kecap, saus tomat dan saus cabe.
Cara membuatnya:
  • Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, serai, dan lengkuas hingga harum
  • Masukkan santan cair, lalu daging ayam, dan tumisan tadi. Beri gulgar secukupnya
  • Setelah mendidih, ambil ayamnya. Lalu ayam digoreng dan setelah itu disuwir. Sisihkan
  • Terakhir, masukkan santan kental, masak hingga mendidih dan matang, masukkan daun bawang.
  • Penyajiannya, sediakan mangkuk, masukkan mie yang telah dilembutkan, toge, suwiran ayam. Siram dengan kuah soto, lalu tambahkan irisan tomat, telur rebus, bawang goreng, perasan jeruk nipis. Beri juga sambal, kecap, dan saus sesuai selera.
Sahabat Ummi...

Gampangkan? Rasanya juga seger. Nggak kalah deh dengan yang dibeli, bahkan lebih nikmat karena dari dapur sendiri ^____^


4 komentar

Bedanya apa nih soto Medan? Kayaknya sama dgn soto Betawi, Bogor, dll. Mungkin rasanya yg beda.

Reply

yummi... aku belum pernah masak soto, biasanya beli...
Kapan2 dicoba ah

Reply

Agak beda rasanya Mbak, isiannya juga. Soto betawi biasanya pake daging, dan jeroan yah. Kalau soto Bogor, saya belum pernah nyobain :D

Reply

Iya, cobain Mbak. Nggak sesulit yang dibayangkan kok. Tinggal cemplang-cemplung :D

Reply

Posting Komentar