9 Maret 2017

Resep Wedang Uwuh



Sahabat Ummi...

Buat yang lahir, besar, atau pernah mukim di Jogja, tentu nggak asing lagi dong yah dengan wedang Uwuh. Arti dari wedang adalah minuman, sedangkan uwuh adalah sampah, jadi minuman sampah? eits, bukan begitu. Jadi, wedang uwuh ini dibuat dengan banyak rempah berkhasiat, yang penyajiannya masih ada rempah-rempah tersebut. Rasanya? manis-manis pedes, dan nikmat banget diminum hangat-hangat.

Berhubung suami saya dulu lama di Jogja, jadilah saya cobain bikin. Tapi karena rempah secangnya kurang banyak, jadi warnanya nggak terlalu pekat hahaha... nggak papa lah yah, namanya juga baru pertama kali bikin. Lain kali bikin yang lebih oke. Tertarik buat bikin juga? ini resepnya:

Bahan:

  1. Jahe 
  2. Cengkeh
  3. Bunga cengkeh
  4. Batang cengkeh
  5. Daun cengkeh
  6. Kayu secang
  7. Daun pala
  8. Pala
  9. Kayu manis
  10. Daun kayu manis
  11. Sereh
  12. kapulaga
  13. Gula batu
Cara membuatnya:
  • Jahe dibakar, lalu memarkan tapi jangan sampai hancur
  • Masak air, bila sudah mendidih, masukkan semua bahan.
  • Masak hingga mendidih dengan api sedang, kurang lebih 16 menit
  • Angkat, sajikan di dalam gelas, dan nikmat diminum selagi hangat.
Selamat mencoba ^___^

2 komentar:

  1. Udah lama banged pengen bikin.. Dulu sempat dikasi lagi bahannya pas di madinah.. Eh lupa terus bikinnya. Makasii ya kak buat resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini resep nggak ada takaran, kebiasaan saya main cemplung aja :D

      Hapus