5 Februari 2017

Resep Sop Tahu Kuning

Sahabat Ummi...

Ada yang lagi buntu nggak mau masak apa?. Namanya emak-emak yah, mikir menu sehari-harinya buat keluarga itu lumayan bikin pusing. Kudu puter otak, gimana bisa menyajikan makanan yang enak, sehat, dan murah tentunya. Apalagi jaman sekarang yah, haruuuus pintar-pintar banget dalam ngelola uang belanja. Jadi, kali ini saya mau berbagi resep makanan yang enak, sehat, dan murah. Terutama buat penggemar tahu dan penyuka rasa pedes, berkuah, dan seger gitu. Resep ini, saya dapet dari adek ipar, tapi saya modifikasi sedikit, disesuaikan dengan selera saya.

Oke deh, lansung aja ke resepnya yah.

Bahan:
  • 5 buah tahu putih, bagi 2 menjadi bentuk segitiga
  • Cabe rawit 1/2 ons, dipotong kecil-kecil
  • Bawang merah 4 buah, diiris
  • Bawang putih 4 buah, diiris
  • Jahe 1 ruas, diiris tipis-tipis
  • Kunyit 1 ruas diiris tipis-tipis
  • Daun salam 2 lembar
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Batang sereh 1 buah, digeprek
  • Tomat 1 buah dipotong dadu
  • Daun prei 1 buah diiris
  • Ikan teri 1/2 ons
  • Minyak 2 sdm untuk menumis
  • gula dan garam secukupnya
  • Air 1000 cc
Cara membuatnya:
  • Tumis bumbu-bumbu yang sudah diiris, daun salam, daun kunyit, dan sereh, hingga harum.
  • Setelah itu masukkan air, lalu tahu dan ikan teri
  • Tambahkan gula dan garam (kalau mau, bisa ditambahkan juga penyedam masakan)
  • Setelah hampir matang, masukkan tomat dan daun prei
Gampang bangetkan bikinnya. Bahkan ini juga enak banget dimakan gitu aja. Jadi semacam menu diet gitu, tinggal di skip aja minyak gorengnya, jadi nggak perlu ditumis. Rasanya gurih, pedes, seger deh. Selamat mencoba yah ^_____^




2 komentar:

  1. Wah resepnya gampil, murah meriah juga ya Mbak. Cobain ah. Pas banget nih buat anak kost. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa enak lagi. Selamat mencoba yah :)

      Hapus