Festival Media 2016 Bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI)



Sahabat Ummi...

Tahun ini festival Media 2016 bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) diadakan di Pekanbaru, tepatnya di perpustakaan wilayah Soeman HS. Ada banyak banget rangkaian acaranya, mulai dari talkshow, pameran, dan lomba-lomba. Acaranya diadakan selama dua hari, tanggal 19-20 November 2016. Melihat rundown acara, saya memutuskan untuk datang dan mengikuti acara Blogger Community and Indonesian Online Media Gathering, dengan tema how to monetize your blog and web.

Saya datang agak terlambat, sehingga melewati pembicara pertama, sedangkan pembicara kedua sudah hampir sampai diujung materinya. Tapi, lumayanlah ada juga yang bisa saya tangkap, tepatnya dipembicara kedua dong hahaha...
Pembicaranya menjelaskan tentang UC News. Ada yang pernah tahu dengan UC News? kalau belum, akan saya jelaskan sepintas yah, kalau mau lengkap langsung googling ajah.

Jadi, UC News itu adalah sebuah platform dengan dukungan big data yang menyediakan berita populer atau pilihan dari berbagai macam kategori. Nah, UC news ini dikhususkan untuk perangkat mobile lho, jadi bakal mudah banget diakses oleh seluruh masyarakat. Nah, ini bisa menjadi jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi industri media, oleh para jurnalis or blogger kaya kita. Apa aja, cekidot:
  • Jangkauan konten tidak efisien. Why? simple sih, karena kurang popularitas dan kesempatan.
  • Model monotisasi belum dikembangkan. Why? adanya media platform or agensi blogger/buzzer yang masih hanya seputar pemberian job tapi tidak melakukan pengelolaan secara menyeluruh.
  • Kurangnya industri. Why? karena masih serba terbatas
Apa yang ditawarkan UC news?
  • Teknologi big data. Jadi ada banyak sekali konten berkualitas yang tersedia. Menyatukan penyedia konten tradisional dan new media dalam satu wadah.
  • Sumber daya. Trafik (platform terpercaya di 3 bidang dengan trafik paling banyak: Medsos, browser, dan penggabungan/distributor konten), modal (dana dan kompetisi bakat), dan media partner (200+ media mainstream).
  • Terakhir, pengalaman. Sudah terbukti kemampuan monotisasi dan dukungan personal branding.
Pemaparan tentang UC News ini diperkuat kembali oleh ketua AJI, Suwarjono. Bgaimana pengalamannya dan apa saja yang sudah didapat dari bergabung di UC news ini. Sebelumnya, Jono membahas tentang perkembangan media di Indonesia. Menurut data terakhir, ada 2338 media, yang terdiri dari 394 televisi, 576 media cetak, 1166 radio, dan 211 media online. Tapi, yang sehat tidak lebih dari 30%, seperti diantaranya: Jawa pos, MNC, Transcorp, VIVA.

Jono menjelaskan tentang bagaimana saat ini teknologi telah mengubah dunia:
  • Trend media global. Untuk media cetak turun, TV dan radio lebih segmented, sedangkan internet mengalami kenaikan.
  • Terjadi perubahan perilaku pembaca/masyarakat dalam konsumsi berita.
  • Adanya perubahan media dalam memproduksi berita.
  • Perubahan bisnis dan delivery konten.
Lalu, bagaimana menyikapinya?. Jono membagikan 7 kunci penting perubahan, yaitu:
  1. Konten is the king
  2. Delivery is a queen
  3. Home is dead (matinya halaman beranda)
  4. Notive ads hingga ads network
  5. Niche market
  6. Leader bukan follower
  7. Jangan berpikir semua kita kerjakan sendiri
Yang bikin mupeng tiada tara itu kalau udah ngomongin fulus yak hahaha... ngenceees denger berapa rupiah yang udah mereka hasilkan dari internet. Tapi, jangan bisanya mupeng aja, kudu semangat berusaha kalau emang mau serius masuk ke dunia ini. Nggak cuma buat happy-happy aja, tapi pengen dapet money juga.

Pembicara terakhir adalah seorang Vlog, namanya Gozza yang per vidio dengan durasi cuma beberapa detik itu mempunyai rate 4 juta rupiah ((((4 juta))))
Gozza share gimana asal mula jadi vlog plus gimana naikin followernya. Tips paling utama, sekali lagi adalah konten is the king!.

Kelihatan dong yah yang
mana Cumi Lebay :D

Nah ada juga bintang tamu tambahan yang hits banget, namanya cumi lebay. Blogger yang blognya baru berusia 5 tahun ini, udah dapet banyak banget dari ngeblog. Nggak kaya' blog si Ummi hihihi... *ayo seriusin Mi!

Tipsnya apa?
  • Harus punya karakter
  • Naikkan trafik dengan rajin posting, share di sosmed, dan blogwalking (BW)
  • Nggak mungkin jadi yang terbaik, maka jadilah yang paling beda.
Penasaran, cuuuuus... aja ke blog dia yak!

Kesimpulannya apa?

  • Dunia digital menjanjikan banyak hal
  • Pandai-pandailah memilih platform dalam bekerja sama
  • Mau hepeng banyak, bisa!. Asal fokus, konsisten, dan pandai-pandai melihat kesempatan
  • Konten is the king. Berlatih terus untuk menghasilkan konten yang berkualitas.

Okelah... gitu aja. Terakhir, sebagai seorang blogger, apapun motivasi ngeblog kita, hendaknya untuk hal yang positif yah. Bermanfaat yang orientasinya nggak dunia aja, tapi juga akhirat, tul nggak?  ^___^

Kami Blogger Bertuah dan Blogger Jawa Timur di salah satu stand
(ketemu Vera Astanti salah satu teman blogger di dunia maya)

2 komentar

Aaah sayang aku terlambat dtg jd ga smpt foto2 deh.semangat blogging umiii

Reply

Eh iyaaaa Mbak, moga next time di event yang lain kita bisa foto-foto yaaa :)

Semangat blogging juga Mbaaaak :D

Reply

Posting Komentar