Banyak Tempat Wisata Keren di Riau, Jangan Ingat Asapnya Saja Ya!

Sahabat Ummi...
Kalau dengar kata Riau, orang bakal langsung inget dengan bencana asap, ya nggak sih. Yang sebelumnya nggak tahu Riau itu dimana, sekarang udah pada tahu kalau Riau itu di pulau Sumatera, tepatnya bagian tengah. Sebagai orang yang lahir dan besar di Pekanbaru, Ibu kota Provinsi Riau, saya bangga dong. Bangga karena asap?, ya enggak lah. Kalau ngomongin asap, ibaratnya nih yah Riau seperti diserang negara api!. Bayangin aja gimana rasanya kotamu mendadak jadi negeri di atas awan. Rumah tetanggamu idolamu yang jaraknya cuma 15 meter aja nggak kelihatan bro!. Trus kamu kudu ngetem di dalam kamar dengan AC yang nyala 24 jam dan kudu sedia oksigen kalengan, ditemani sama lidah mertua, eh maksudnya tumbuhan yang punya nama latin sansiviera yang di dalam pot biasa jadi tanaman hias, yang konon katanya baik untuk membantu menyerap aneka polutan berbahaya dari asap. Sedihnya lagi, minta dievakuasi tapi nggak tahu mau lewat jalur mana, terisolir!. Jangan ditanya gimana rasa kangennya dengan matahari, bulan, dan bintang, nggak banding dengan kangen sama mantan, *eh.
Bahkan nih yah, Holywood aja sempet mau syuting the next silent hill di sini!.
Percaya?
Syukur deh kalau nggak hihihi... wong asapnya berbahaya!
Trus kok bangga? Ya iyalah, kalau bukan anak-anak daerahnya yang bangga siapa lagi hehehe... Bangganya, Riau yang dijuluki atas bawah minyak (minyak sawit dan minyak bumi) ini nggak kalah juga sama daerah lain di Indonesia lho. Negeri lancang kuning ini didiami oleh beragam suku bangsa. Jadi, kalau kamu ke Riau dan mau kulineran, semua ada di sini, dari mie aceh sampai sampolet (olahan sagu semacam papeda di papua) bisa kamu cicipi. Tapi nggak afdol kalau kamu ke Riau trus nggak nyobain asam pedas patin, tempoyak ikan, nasi lemak, roti jala, lempuk durian, es laksamana mengamuk, dan makanan minuman khas Riau lainnya. Dahsyatnya, di tanggal 25 Oktober ini, Riau berhasil memecahkan rekor MURI dengan 369 varian makanan berbahan dasar sagu!.
Udah kulineran, terus kemana?
Mau ke tempat Wisata di Riau?, tenaaaaang nggak kalah keren juga kok dengan daerah lain. Di Pekanbaru ada kebun binatang Kasang Kulim, wisata alam mayang, dan danau buatan.



Biasa aja?
Mau yang lebih?
Yoook kita ke taman nasional Tesso Nillo di Pangkalan Kerinci, Palalawan. Di sana kamu bisa lihat habitat gajah, dan fauna endemik lainnya. Nggak cuma itu, ragam floranya juga luar biasa kerennya.
Apalagi?
Mau lihat Taj Mahal ala Riau, mampir ke Masjid Agung An-Nur di Pekanbaru.
Daaan... mau lihat masjid termegah se-Asia Tenggara?, di Riau tempatnya. Nama masjidnya adalah Masjid Agung Madani Islamic Center Pasir Pangaraian. Masjid yang mampu menampung sekitar 10.000 jamaah ini, setiap senin-jumat ada sekitar 300 hingga 500 pengunjung yang datang. Sedangkan saat weekend atau hari besar keagamaan nasional bisa lebih dari 1000 pengunjungnya lho!.
Ada candi nggak?
Ada, candi muara takus namanya. Candi ini terletak di kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar. Candi ini udah ada sejak jaman kejayaan kerajaan Sriwijaya lho. Pertama kali ditemukan pada tahun 1860 oleh seorang arkeolog bernama Cornet. D. Groot. Uniknya nih yah, beda dengan candi lain di Indonesia seperti Candi Borobudur yang menggunakan bahan utama batu andesit. Sedangkan candi Muara takus ini menggunakan beberapa jenis batu, yaitu batu bata, batu pasir, dan batu sungai. Nggak cuma bahannya yang unik, arsitekturnya juga beda dengan candi-candi lain yang ada di Indonesia. Kompleks candi Muara takus ini, lebih mirip dengan bangunan candi Stupa Budha yang ada di Sri Lanka, Vietnam, India, atau Myanmar. Penasarankaaaan?
riaudailyphoto.com
Trus, mau yang unik lagi?
Kita surving di sungai yoook...
((((Sungai))))
Iyaaa sungai!, kamu bisa main ombak Bono di sungai Kampar. Kok bisa ya? gini ceritanya: terjadinya ombak karena pertemuan arus sungai Kampar yang berbenturan dengan air pasang naik dari laut. Terjadilah gelombang yang disebut dengan Bono Wave. Jadi, Bono bakal ada kalau air laut sedang pasang. Semakin besar air pasang, maka semakin besar juga kemungkinan Bono Wave. Apalagi kalau curah hujan di sungai tinggi dan air pasang di laut cukup besar, wah Bono Wave bisa semakin besar!.
celahkotanews.com
Lanjuuuut....
Ada wisata air terjun nggak?
Ada, nggak hanya air terjun aek martua. Bahkan di Riau ada air terjun tertinggi ke-4 Di Indonesia!, air terjun Batang Kapas namanya.
Masih belum puas?
Mau pantai? biar bisa diving, snorkling, dan olahraga air lainnya?
Kamu bisa puas-puasin semuanya di daerah Kepulauan Riau. Pantainya nggak kalah indah dan berpasir putih lho kaya' di Bali, namanya pantai Lagoi, pantai Trikora, atau bisa juga ke kepulauan arwah hihihi....
Sedangkan buat menikmati terumbu karang dan berbagai flora dan faunanya, kamu bisa ke Pulau Abang tanpa adek, ini adalah bunakennya Sumatera!.
Yaaah... itu aja, buat yang hobi naik gunung gimana?
Eits... tenaaaang, kamu bisa mendaki bukit tinggi Bintan yang disebut masyarakat sekitar sebagai gunung Bintan. Untuk bisa sampai ke puncak hanya memakan waktu lebih kurang 3 jam. Di puncaknya, kamu bakal ngeliat pemandangan yang fenomenal!
keprimedia.com
Gimana? Kece kan? Segitu aja dulu yah, itu aja udah bikin kamu ngiler dong. So, jangan mikir panjang deh buat jadiin Riau dan kepulauan Riau sebagai salah satu destinasi liburan kamu. Ajak keluarga, teman, dan pacar halal kamu yah!
Well... Gimana dengan asap? Kamu nggak perlu khawatir, Alhamdulillah... bencana tahunan yang terjadi sejak saya kecil ini penanganannya semakin membaik. Semoga asap parahnya nggak terjadi lagi. Semoga proses hukum berjalan dengan baik. Semoga semua elemen masyarakat bersinergi lebih baik lagi dalam penanganan kebakaran atau pembakaran hutan yang terjadi di Riau. Semoga.... yuuuuk bantu aamiin... ^___^

10 komentar

hahaha iya, aq inget asapnya aja dr riau Mba, ternyata punya masjid agung yg kece ya. jd pengen ksonooo :)

Reply

Kemarin nggak sempat jalan2 ke tempat wisatanya...mepet waktunya. Tapi sempet ke mesjid yg lagi dibangun yg modelnya mirip mesjid nabawi

Reply

Wah, ternyata banyak ya tempat wisata di Riau. Beberapa udah pernah aku kunjungi.Semoga kapan-kapan bisa ngunjungin air terjun dan pulau abang juga.
Oh ya, semoga asap nggak muncul lagi ya.. Aamiin :)

Reply
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

pantai Lagoi, pantai Trikora, kepulauan arwah Itu berada di Propinsi Kepulauan Riau, untuk di Propinsi Riau Pantai yang ada Pantai Solop di Indragiri Hilir, di Pekanbaru sendiri yang terkenal adalah Wisata Belanja, seperti di Pasar Bawah. maaf mba sedikit koreksi

Reply

Sekarang inget tempat wisatanya juga yah Mbak hahaha... yooook liburan ke siniiii :D

Reply

Kudu liburan ke sini lagi brarti Mbak Lyta :D

Iyaaaa... itu masjid Abu Darda

Reply

Iyaaaa Mbak, ntar kalo mudik ke sini kudu kunjungi yaaaa :D

Aamiin...

Reply

"Kamu bisa puas-puasin semuanya di daerah Kepulauan Riau. Pantainya nggak kalah indah dan berpasir putih lho kaya' di Bali, namanya pantai Lagoi, pantai Trikora, atau bisa juga ke kepulauan arwah hihihi...."

Memang saya bikin di Kepulauan Riau kok Mbak :)
Makasih untuk info pantai Solopnya :)

Wisata belanja nggak disinggung karena lebih fokus ke wisata kuliner dan alam

Makasih yah Mbak udah mampir :)

Reply

Masjidnya cantik bangeeet, dalamnya kek apa ya?

Iya MBak, makasih sharingnya...aku jadi tahu Riau bukan hanya karena Asap.

Reply

Posting Komentar