Resep Es Gabus, Jajanan Masa Kecil Anak 90an

Untuk anak-anak yang lahir dan gede di tahun 80an or 90an, tentu nggak asing dengan es yang satu ini. Es gabus atau es roti namanya. Dulu es ini sama populernya dengan es potong. Duh, kangen banget deh dengan masa-masa itu. Nah, untuk mengobati rasa kangen, saya coba bikin deh. Udah lama si sebenarnya pengen bikin, tapi baru sekarang eksekusinya. Soale, kehabisan ide juga buat bikin camilan anak-anak yan g enak tapi simple dan tentunya segar, terlebih cuaca di pekanbaru lagi hot banget. Resepnya saya dapet hasil googling juga

Bahan:
  • Tepung hunkwe putih 100gr
  • Santan cair 1 liter
  • Gula pasir 200gr
  • Garam 1/2 sdt
  • Daun pandan 3 lembar (blender dengan santan)
Cara membuatnya:
  • Campurkan seluruh bahan, aduk merata. Lalu masak dengan api sedang hingga mengental dan meletup-letup.
  • Setelah matang, masukkan ke dalam wadah
  • Setelah mengeras dan dingin, simpan ke dalam freezer selama kurang lebih 8 jam agar mengeras.
  • Setelah keras, es gabus pandan siap untuk dinikmati.
Terobati deh rasa kangen saya. Tapiiiii... anak-anak nggak doyan hihihi... aneh katanya. Ya sudahlah, yang makan esnya cuma mantan anak-anak di era 90an aja  ^___^

1 komentar:

Kak, kok tak taruh freezer dah 24 jam ga keras2 ya? Apanya yang salah?

Reply

Posting Komentar