Bekal Perlindungan untuk Tumbuh Kembang Optimal Si Kecil


Sebagai orang tua, jangan pernah berhenti untuk belajar. Bahkan kita harus selalu aktif untuk menambah pengetahuan seputar parenting. Hal tersebut dibutuhkan, sebagai salah satu upaya kita untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak. Apalagi saat ini, ilmu parenting bisa kita dapatkan dengan mudah, baik dengan membaca, maupun sharing ilmu dengan sesama atau pakarnya. Baik melalui media cetak maupun media elektronik.

Mengingat begitu pentingnya peran kita dalam membentuk karakter anak, yang berpengaruh terhadap masa depannya kelak. Belum lagi berbagai tantangan yang kita hadapi sebagai orang tua, di era global seperti saat ini. Maka, rasanya mutlak untuk selalu meng-upgrade pengetahuan parenting kita.


Saya adalah ibu dari 2 orang putri yang berusia 7 dan 2 tahun. Selain membaca, menghadiri seminar parenting merupakan salah satu upaya saya untuk menambah pengetahuan. Salah satu seminar parenting yang saya ikuti adalah seminar parenting yang diadakan oleh Dancow Parenting Center.

Seminar parenting yang diadakan hari sabtu lalu, tanggal 13 Agustus 2016 bertempat di Ballroom hotel Pangeran Pekanbaru ini, mengusung tema Tumbuh Kembang Si Kecil Berawal dari Perlindungan yang Optimal. Temanya saja sudah menarik, didukung dengan pembicara yang merupakan pakar dibidangnya masing-masing. Waaah... Ini sebuah seminar yang sangat sayang untuk dilewatkan. Apalagi MC nya adalah Sahnaz Haque, salah satu MC favorit saya.



Siapa yang tidak mengenal brand Dancow. Bahkan brand susu ini sudah eksis sejak saya masih kecil. Siapa sangka kini anak-anak saya juga mengkonsumsi susu ini, baik secara langsung maupun sebagai "teman" makan serealnya. Tidak hanya peduli dengan nutrisi, Dancow juga berkontribusi sebagai media yang dapat mengedukasi para orang tua, lewat Dancow Parenting Center.

Baiklaah, sudah pada penasarankan dengan seminar yang diadakan oleh Dancow. Apa saja yang dibutuhkan oleh anak-anak dalam proses tumbuh kembangnya yang berkaitan dengan perlindungan optimal. Pssssst... Saya kasih bocoran dulu, yang dibutuhkan adalah 3 hal, yaitu CINTA, NUTRISI, dan STIMULASI. Saya akan bagi menjadi beberapa bagian, sesuai dengan pembicaranya ya.

Para Emak Blogger
Sumber: Fivit

Pembicara Pertama

Dra. Ratih Ibrahim, MM, Psikologi

Psikolog yang cantik ini membahas bagian CINTA. Anak-anak membutuhkan cinta sejati dari ayah bunda, dengan manifestasi memberikan segala sesuatu yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan buah hatinya. Bukan semata apa yang buah hatinya suka.


Cinta yang tulus dari ayah bunda akan menumbuhkan pengalaman emosi yang positif dan memberikan rasa aman bagi anak. Rasa aman tersebut dibutuhkan untuk membangun basic trust, yaitu cara anak memandang dunia di sekitarnya secara baik, sehingga ia menjadi berani dan percaya diri untuk bereksplorasi.

Terutama pada usia 1+ yang berada dalam fase perkembangan pesat, baik dari segi fisik, psikologis, dan sosial. Maka, bereksplorasi menjadi kebutuhannya, agar dapat tumbuh dan berkembang optimal. Nah, terkadang nih yah para bunda suka khawatir kalau anaknya bermain outdoor. Takut panaslah, takut kotor, takut jatuh, dll. Tenang, berikan saja pengawasan dan perlindungan yang optimal. Perlindungannya apa saja, salah satunya dengan NUTRISI.

Pembicara Kedua

Sari Sunda Bulan, AMG

Tentang nutrisi, dijabarkan dengan lengkap oleh ahli nutrisi. Ternyata, NUTRISI itu adalah penentu pertumbuhan yang sehat dan baik pada anak. Tidak hanya bagi fisiknya saja, tetapi juga otak. Selain itu nutrisi yang baik dapat mencegah berbagai penyakit lho. Indikatornya apa, yaitu tumbuh kembangnya bisa dilihat dari grafik berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Misalnya, anak 1 tahun berat badannya mencapai 3x berat lahirnya, dan mencapai 50% tinggi dewasanya diusia 2 tahun.


Selanjutnya, perlindungan bagaimana yang bisa diberikan kepada anak dari segi nutrisinya? Yaitu, dengan memenuhi beberapa hal berikut:
  • Memberikan nutrisi untuk kesehatan saluran cerna, karena 80% sistem daya tahan tubuh terdapat di saluran cerna. Maka, anak-anak butuh serat pangan misalnya inulin dan bakteri baik, strain spesifiki (lactobacillus rhamnosus dan bifidobacterium longum). 
  • Mencukupi kebutuhan vitamin A, C, dan E. 
  • Mencukupi kebutuhan mineral selenium dan zink.
Setelah kebutuhan nutrisinya terpenuhi, artinya ia memiliki perlindungan dan bisa bereksplorasi. Tentu saja dengan stimulasi yang kita berikan agar bisa optimal. Apa saja stimulasinyan yuk lanjut ke pembicara ketiga.

Pembicara Ketiga

DR. Dr. soedjatmiko SpA (K)., MSi

Tentang STIMULASI, dibahas tuntas oleh dokter spesialis anak dan konsultan tumbuh kembang anak ini. Jadi, stimulasinya dalam bentuk bermain. Hal tersebut bermanfaat untuk merangsang motorik kasar, motorik halus, komunikasi, kognitif, kecerdasann kreatifitas, dan kemandirian. Dengan demikian, stimulasi bermain dapat membentuk anak SEHAT, CERIA, PERCAYA DIRI, CERDAS, KREATIF, dan BERPERILAKU BAIK.


Ada rule juga lho dalam melakukan stimulasi bermain, yaitu:
1. Bermain setiap hari.
2. Interaktif, dengan kasih sayang dan gembira.
3. Sesuaikan dengan kemampuan dan keinginan anakm
4. Jangan memaksa, apalagi mengancam dan menghukum.
5. Beri anak pujian, ciuman, dan pelukan.

Bagaimana sih stimulasi bermainnya? Ternyata gampang!, bisa dilakukan oleh siapapun dan dimanapun. Nih dia:



Pembicara Keempat
Tesya  Sophianti 

Eits... Belum kelar, masih ada pembicara terakhir, yaitu Mbak Tesya Sophianti yang seorang travel blogger. Widiiiiih... Keren banget mbak cantik ini, traveling ke dalam maupun luar negeri dengan keluarga. Menurutnya, traveling bareng keluarga terutama anak-anak itu ada manfaatnya lho, yaitu mempersiapkan buah hati menjadi global citizen. Apa saja itu? Menghargai perbedaan, membuka wawasan, dan percaya diri.


Menariknya, Mbak Tesya membawa serta anak-anaknya sejak diusia balita. Penasaran dong yah, kok bisa. Wong kita-kita aja yang mudik di lain kota, bawa mudik anak-anak diusia balita itu rempongnya minta ampun. Apalagi liburan, bisa enjoy nggak yah.

Eh, ternyata bisa lho, tipsnya mampu menjaga mood aja. Sebelumnya tentu juga sudah ditentukan tempat travelingnya yang disukai anak dan tempat wisata yang ramah anak. Jadi intinya, yang namanya traveling itu adalah liburan yang harus menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Penasaran dengan cerita keseruan traveling Mbak Tesya dengan keluarganya? Sila beli buku Mbak Tesya, komplit deh tipsnya. Bisa juga mengunjungi blognya Mbak tesya www.tesyablog.com
 Sumber: Tesyablog

Gimana, padat ilmu bangetkan seminar parentingnya. Duh, emang okee banget deh dancow. Inovasinya juga luar biasa. Nih inovasi terbarunya, DANCOW Excelnutrisi+ untuk usia 1+, 3+, dan 5+. Mengandung nutrisi untuk membantu tumbuh kembang anak optimal. Apa saja kandungannya? Banyak, ada lactobacillus rhamnosus, minyak ikan, serat pangan inulin, bifidobacterium longumn LA dan ALA, serta protein dan kalsium. Sangat sesuai untuk perlindungan si kecil.
Jadi, Aku dan Kau Suka Dancow...

6 komentar

Iya Mak, padeet banget ilmunya. Makasih sudah berbagi ya Mak..:)

Reply

Makasih banyak Mba atas liputannya. Wah sayan banget kita ga sempet foto yah. Next time kalau ke Riau aku DM yah:)

Reply
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Masama... makasih udah mampir yah Mak :)

Reply

Masama Mbak. Iya nih, belum jodoh kita buat futu-futu. Okay Mbak, moga jalan-jalan ke Riau lagi :)

Reply
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar