Hari Anak Nasional, Apa Kabar Anak-anak?

Tanggal 23 Juli ini diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Hmmmmm... Tarik nafas panjang, karena banyak hal di kepala yang ingin dituliskan tapi seolah kehilangan kata-kata untuk menuliskannya. Kalau boleh diringkas ke dalam sebuah kalimat saja, maka saya akan tulis bahwa Anak-anak itu SEDERHANA. Ya, SEDERHANA, nggak ribet seperti kita orang dewasa. Kebutuhan mereka juga sederhana, hanya doa, kasih sayang, dan teladan.

Ho ho ho... tapi jangan salah, buat kita, nggak sesederhana itu.

Doa, kapan terakhir kali kita berdoa dengan khusuk, mendoakan kebaikan untuk anak-anak kita. Adakah lebih banyak dari kemarahan yang sering kita muntahkan kepadanya?.

Kasih Sayang, kapan terakhir kali kita menyayangi anak kita tanpa syarat, unconditional love. Adakah lebih banyak kita membuat pengalihan demi menyelamatkan ego diri?.

Teladan. Nah, ini yang paling berat. Teladan seperti apakah yang sudah kita berikan kepada mereka?.

Pertanyaan-pertanyaan itu saya jawab sendiri dalam diam. Sesak. Menyesal. Tapi, kita tak bisa mengulang kembali waktu yang telah berlalu. Maka, kita hanya bisa berdoa agar tetap diberikan hari esok untuk menjadi orang tua yang lebih baik lagi. Mari bilang Aamiin...

 

Posting Komentar