Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Ala Ummi





Apa menu berbuka hari ini?. Biasanya emang rada ribet yah, masih bingung mau masak apa. Belum lagi, galau ngelihat aneka makanan yang dijual di pasar-pasar Ramadhan or di pinggir-pinggir jalan. Enaknya masak sendiri or beli aja yak. Tergantung kondisi sih, ada yang maunya beli aja yah silahkan, yang mau masak sendiri juga silahkan. Yang penting, makanan yang kita hidangkan adalah makanan yang halal dan thoyib. Bener nggak? :)

Nah buat yang pengen masak sendiri untuk hidangan berbuka buat keluarga, resep saya ini boleh dicoba lho. Ayam bakar bumbu rujak, rasanya enak dan bikinnya juga nggak pake ribet. Memanggangnya pake double pan ajah buibu,,, :D

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak

Bahan:


  • 1 ekor ayam
  • 700 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1/2 buah jeruk nipis peras airnya
  • 3 lembar dau jeruk
  • 2 batang serai
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu:
  • 10 buah cabe merah
  • 10 buah bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 1 cm kunyit
  • 1 buah tomat merah ukuran sedang
  • 1/2 sdt merica
  • 1 1/2 sdt garam
  • 2 sdm gula merah
Cara membuatnya:
  • Bersihkan ayam, potong-potong dengan ukuran sesuai selera. Lalu lumuri dengan air jeruk nipis.
  • Haluskan bumbu, kemudian di tumis hingga harum, bersama dengan daun jerukdan batang serai. Lalu masukkan santan, aduk hingga mengental.
  • Masukkan ayam, aduk hingga rata, lalu letakkan ke dalam double pan. Masak hingga bumbu meresap dan matang.
Gampangkan, rasanya dijamin ueeeenaaaak... Selamat mencoba ^__^

Posting Komentar