Ramadhan, Ayo Cerdas Agar Budget Pas


Sebentar lagi bulan Ramadhan akan tiba. Nggak dipungkiri kalau bulan puasa dan lebaran membutuhkan pengeluaran ekstra. Tapi, kita kudu bijak dong dalam pengaturannya. Jangan sampai over budget, karena masih ada banyak hari yang akan dilewati menjelang gajian kembali.
Jadi gimana dong biar budget pas. Yuuuk, mari jadi cerdas dengan tepat prioritas. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:
 
• Atur Menu Buka dan Sahur
Perhatikan menu makanan kita. Puasa nggak hanya bikin lapar perut tapi juga mata. Pengennya makan yang enak-enak. Lihat orang jualan, maunya semua dibeli. Padahal, begitu berbuka, nggak sedikit juga makanan yang akhirnya jadi sia-sia, nggak kemakan dan berakhir dibuang. Sayangkan, tapi bukan berarti nggak boleh juga makan enak, hanya saja lebih disesuaikan dengan kemampuan finansial kita. Jangan sampai pas nggak bisa makan daging lagi, hari-hari berikutnya cuma makan nasi pake kecap plus kerupuk aja :D
• Belanja Sebelum Ramadhan Tiba
untuk digunakan saat lebaran nanti. Berhubung cuma tradisi dan nggak dosa juga kalau nggak pakai baju baru, nggak ada salahnya untuk menggunakan pakaian lama yang kondisinya masih okee. Kalaupun mau beli pakaian baru juga, lebih baik mengangsur membelinya sebelum bulan Ramadhan tiba. Selain lebih hemat pengeluaran di bulan Ramadhan, juga lebih menghemat tenaga kita. Jadi, tenganya digunakan untuk memaksimalkan ibadah sunnah di bulan Ramadhan aja.
Selain tentang pakaian, biasanya kita juga ribet dengan printilan untuk mempercantik rumah. Pengennyan saat silaturahmi di hari Lebaran nanti, ada suasana baru di rumah kita. Boleh-boleh aja, tapi menurut saya, printilan itu sudah kita angsur pikirkan dan beli sebelum Ramadhan tiba.
• Mengatur THR
THR yang ada jangan semuanya dialokasikan untuk konsumtif saja. Sebaiknya, dana yang kita punya lebih banyak dialokasikan untuk memberi kepada sesama yang lebih membutuhkan, terlebih keluarga. Selain pahalanya yang berlipat, itu juga nikmat. Trus, kalau punya hutang, nggak ada salahnya juga dana tersebut digunakan untuk kewajiban kita membayar hutang.
• Pilih Buka Bersama yang Bermakna
Ramadhan juga jadi bulan reunian. Nggak sedikit undangan buka bersama yang berdatangan. Sebaiknya pilih buka puasa mana yang akan dihadiri, jangan terlalu memaksakan untuk mengikuti semuanya. Alternatif lain, mengikuti buka puasa bersama tanpa membawa serta keluarga (istri\suami dan anak).
• Mudik?
Pastikan sudah dipersiapkan sejak sebelum Ramadhan tiba, sehingga sudah ada alokasi budget mudiknya. Alternatif lain jika minim dana, hitung manakah yang lebih murah, kita mudik atau mendatangkan orang tua ke tempat kita, dengan catatan bahwa orang tua kita bersedia. Jika kita suami istri beda tempat mudik, bisa atur jadwal mudik, bergantian tiap tahunnya.

Ada yang mau menambahkan?

Posting Komentar