Resep Roti Tanpa Diuleni dan Oven

Bismillah...


Dulu, kalau mau bikin roti sendiri kudu nyiapin tenaga ekstra. Keseringan bikin, lengan jadi berotot gede hihihi... (lebay). Gimana nggak, nguleninya itu lho yang nggak nahan. Enak kalau punya bread maker (nggak enak mikirin watt nya), nggak capek-capek nguleni. Tapi itu dulu. Kalau sekarang, kapan pun Mbak Nai minta dibikinin roti, hayuuuuuuk ajah.

Bikin roti tanpa diuleni. Mudah banget dan rasanya juga enak. Bahkan Mbak Nai bisa ikutan bantu. Trus, buat yang nggak punya oven, jangan khawatir. Rotinya bisa dimasak dengan teflon atau double pan. Seperti yang biasa saya lakukan, karena cuma punya otang alias oven tangkring, maka memakai teflon or double pan itu lebih mudah.

Langsung aja ke resepnya yak

Bahan:
  • 250 gr tepung terigu 
  • 1/4 sdt garam
  • 125 ml susu UHT
  • 2 sdt ragi
  • 1 butir telur
  • 40 gr butter
  • 2 sdm sula pasir
Cara membuatnya:
  • Lelehkan butter dengan menggunakan api kecil. Setelah meleleh, api dimatikan.
  • Masukkan susu dan gula pasir, aduk sampai tercampur rata dan gula mencair.
  • Masukkan telur, aduk, dan masukkan ragi.
  • Tutup panci selama 10 menit (setelah 10 menit, adonan akan terlihat buih).
 
  • Masukkan tepung dan garam, aduk hingga rata dengan menggunakan sendok saja.
  • Tutup dan diamkan selama 1 jam.
 
  • Kempiskan.
 
  • Tutup dan diamkan selama 1/2 jam lagi.
 
  • Setelah itu adonan bisa dibentuk dan diberi aneka toping seduai dengan yang diinginkan.
 
  • Olesi teflon/double pan dengan margarin, masukkan adonan yang telah dibentuk. Lalu panggang dengan menggunakan api yang sangat kecil.






Mudahkan?. Dulu, pertama kali coba, alhamdulillah langsung berhasil kok. O yah, biar rotinya cantik, bagian atas bisa dioles dengan kuning telur, margarin, atau susu kental manis. Selamat mencoba! ^___^



Posting Komentar