Jejak Kaki Misterius, Bukan Antologi Cerpen Misteri Biasa

Bismillah....

Barakallah... Buat teman-teman saya di komunitas Be a Writer atas terbitnya buku antologi JEJAK KAKI MISTERIUS. Kelamaan nggak online, membuat saya terlewat saat audisinya dimulai dulu *syediiih...

Saya yakin, buku ini pasti keren deh. Apalagi, yang berhasil menjadi kontributor adalah penulis-penulis yang memang sudah saya kenal dan baca karyanya. Terlebih nih yah, antologi JEJAK KAKI MISTERIUS yang diterbitkan oleh Penerbit Indiva yang memang selalu menerbitkan buku-buku berkualitas, diberi label SERI PENDIDIKAN AKHLAK UNTUK ANAK. Nah, ternyata judulnya aja yang rada horor yak. Makin penasaran deh dengan cerpen-cerpen di antologi ini. Nggak percaya? cek deh judul-judulnya:
  1. Jejak Kaki Misterius - Riawani Elyta (FB : Riawani Elyta  ; twitter : @RiawaniElyta ; IG : riawani_elyta)
  2. Buku Pintar Yang Hilang – Kayla Mubara (FB : Kayla Mubara ; twitter : @Kmubarokah)
  3. Kebun Misterius – Pujia Ahmad (FB : Pujia Ahmad ; twitter : @pujiaachmad)
  4. Ketika Ban Sepeda Rasad Pecah – Dian Onasis (FB : Dian Onasis ; twitter : @dianonasis)
  5. Lukisan Yang Menghilang – Diannur Fajria (FB : Fajriatun Nur ; twitter : @fajriatunNur1)
  6. Misteri Gigi Palsu – Afin Yulia (FB : Afin Yulia ; twitter : @afinyulia)
  7. Misteri Foto Rumah Kosong – Anik Nuraeni (FB : Anik Nuraeni ; twitter : @anik_nuraeni ; IG anikkeenola)
  8. Misteri Kotoran Kelas – Yurie Zhafiera (FB : Zakiyah Yurie Zhafiera ; twitter : @zha_yurie ; IG yuriezhafiera)
  9. Misteri Matinya Ikan di Kolam Nino – Pujia Ahmad
  10. Misteri Pecahan Kaca – Hairi Yanti (FB : Hairi Yanti ; twitter : @yant165)
  11. Pencuri Berlonceng – Erlita Pratiwi (FB : Erlita Pratiwi ; twitter : @takosoulmate ; IG: erlitap_)
  12. Pencuri Uang Palsu – Ilham Fauzi (FB : Ilham Fauzi ; twitter : @fauziilham28)
  13. Pengendara Perahu Asing – Binta al Mamba (FB : Binta al Mamba ; twitter : @bintaalmamba)
  14. Peta Ingatan Ule – Wawat Smart (FB : Wawat Smart ; twitter : @wawatfemale ; IG : wawat smart)
  15. Pohon Ara Keramat – Vanda Arie (FB : Vanda Nur Arieyani ; twitter : @VandaArie
Gimana? benerkan bikin penasaran. Yang emak-emak kaya' saya aja penasaran, apalagi anak-anak yah. Yang paling bikin saya penasaran buat baca adalah 3 judul cerpen ini:
  1. Jejak Kaki Misterius
  2. Misteri Foto Rumah Kosong
  3. Pengendara Perahu Asing
Kamu yang mana? (Yuk ikutan GA-nya ^_^)
Menurut saya, pemilihan tema dan judul dari cerpen-cerpen di atas udah keren banget. Bernuansa misteri yang dilabel seri pendidikan akhlak untuk anak. Jadi, jelas sekali ini bukan cerita misteri biasa. Saya perhatikan, memang buku-buku untuk anak saat ini semakin variatif dan kreatif.

Sebagai seorang Ummi dari anak berusia hampir 7 tahun dan sudah lancar membaca, ada kriteria buku anak yang baik menurut saya, buku-buku yang kontennya sesuai dengan segmen usia anak, buku yang tidak hanya isinya bagus (Sesuai dengan nilai-nilai agama islam), tetapi juga memancing kreatifitas anak, buku yang lengkap dan praktis.

Berikut adalah buku-buku yang saya pilih buat anak saya Nai (sesuai dengan tingkatan usianya):
  • Buku tulis dan hapus. Buku ini cocok sekali untuk anak-anak yang sudah mulai belajar mengenal huruf dan angka. Mereka bisa menulisnya langsung di buku, dan bila salah, bisa dihapus kembali. Jadi, kita tidak membutuhkan kertas atau papan tulis lagi.
  • Kamus bergambar. Tidak dipungkiri, salah satu daya tarik buku adalah gambarnya. Maka, ensiklopedi jadi salah satu buku yang dapat diandalkan dalam memperkenalkan berbagai hal lewat gambar.
  • Buku aktivitas: gunting, tempel, menebalkan garis dan mewarnai. Praktis, dalam satu buku, kita bisa menemukan 4 aktivitas yang berbeda. Selain lebih hemat dari segi biaya, anak juga tidak merasa cepat bosan.
  • Buku Puzzel dan Bangunan. Banyak buku-buku yang unik, ada buku yang di dalamnya terdiri dari puzzel-puzzel, dan ada juga buku yang bisa dibuat ke dalam bentuk sebuah bangunan. Buku-buku unik tersebut akan semakin membuat anak betah berlama-lama.


 


Buku unik, bisa dibuat menjadi bangunan

 
Membaca buku ensiklopedi di kemahan 

Jika membandingkan buku-buku anak jaman sekarang dengan jaman saya dulu, jelas sangat berbeda jauh. Jaman sekarang sudah semakin berkembang, orang tua punya berbagai alternatif buku bacaan yang bisa dipilih sesuai dengan tingkat usia dan pemahaman anak. Seperti halnya pemaparan saya di atas, ada begitu banyak jenis buku dengan keunggulan dan daya tariknya masing-masing. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang orang tua miliki.


Sebagai orang tua, memang peran aktif kita sangat dibutuhkan untuk memilih buku-buku yang tepat untuk anak-anak. Jangan sampai ada konten yang tidak sesuai dengan agama dan budaya kita, terutama untuk buku-buku terjemahan. Dampingi selalu buah hati kita, dan buka ruang komunikasi sebaik mungkin agar anak tidak sungkan untuk bertanya sesuatu yang tidak ia mengerti dari bacaannya. 


Terakhir, yuk kenalkan buku kepada anak-anak sejak dini, salah satunya dengan teladan dari orang tua. Membiasakan membacakan buku kepada anak-anak, mengajaknya ke acara-acara pameran buku, ke perpustakaan, dan juga ke toko buku. Tak kalah penting juga, yuk menabung/sediakan budget khusus untuk membelikan anak-anak kita buku-buku yang berkualitas.

Tidak banyak anak-anak yang belajar mencintai buku dari dirinya sendiri. Harus ada orang yang memancing mereka masuk ke dalam dunia bahasa tertulis yang indah, seseorang harus menunjukkan jalan kepada mereka (Orville Prescott, A Father Reads to His Children)
 “Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway JejakKaki Misterius” 


Judul : Jejak Kaki Misterius

Penulis : Riawani Elyta, Kayla Mubara, Pujia Achmad, Dian Onasis, Diannur Fajria, Afin Yulia, Anik Nuraeni, Yurie Zhafiera, Hairi Yanti, Erlita Pratiwi, Ilham Fauzi, Binta Al Mamba, Wawat Smart, Vanda Arie


Lini : Lintang (Penerbit Indiva)

 ISBN : 978-602-1614-86-0

 Harga : 30K

9 komentar

Kereen nih buku-buku Nai, jadi pengen belikan buku2 itu buat Fatih :)

Reply

Aiiiih... buku anak-anak punya Mbak Naqi juga kereeeen :)

Reply

Aku suka postingan ini :D
jadi memberikan bayangan kalo punya anak kelak diperkenalkan pada buku yang kayak gimana :D
makasih kak, aku udah follow blognya, follback me ya Kak Oci.

Reply

Masama. Oke Nyi :)

Reply

biasanya anak2 akan tertarik membaca buku karena tampilan dari bukunya yang menarik ya...

Reply

buku-bukunya kok unik-unik ya. dulu pas saya kecil kayaknya belum ada.

Reply

Ho oh... pas saya kecil juga belum ada mbak :)

Reply

Beneeer banget :)

Reply

salam kenal...

buku yang disusun keren dan selamat ya mbak tulisannya menang :)

Reply

Posting Komentar