Masak Apa Hari Ini?

Urusan menu makanan itu memang nggak mudah yah ternyata. Nggak heran kalau pas gi belanja di warung, banyak ibu-ibu yang bilang, masak apa yah hari ini?. Pada pusing juga mikirin menu tiap hari. Mikir gimana uang belanja bisa mengcover semua bahan makanan, mikir apa aja menu yang gizi bisa tercukupi dan nggak ngebosenin anggota keluarga.

Nah, gimana dengan pas Ramadhan gini. Nggak jarang juga anggota keluarga minta menu yang berbeda pas buka dan sahurnya. Duh, repot dong yah kalau harus masak lagi buat sahur. Gimana kalau telat bangunnya?. Trus, boros dong yah kalau masak 2 kali gitu!.

Tenang, sebagai Ibu kita emang kudu kreatif. Solusinya, beli aja 2 bahan masakan yang berbeda. Tentunya diperkirakan banyaknya, karena cuma dimasak untuk 1 kali makan. Masaknya gimana?, kalau nggak mau repot, masak aja jenis makanan yang berbeda itu pas sore harinya. Tentukan mana menu yang buat buka dan mana yang buat sahur. Pas sahur, tinggal dipanasin aja.

Misalnya nih, menu buka ayam balado dan sayurnya tumis tahu dan touge. Pas sahur, ayam rica-rica dan rebus kacang panjang. Pokoke tergantung selera anggota keluarga, dan kemampuan kita deh. Nggak cuma mampu masaknya, tapi juga menej uang belanjanya :)

Saya pribadi, biasa menyiapkan bumbu-bumbu dasar seperti bumbu merah, putih, dan kuning. Jadi, kalau masak tinggal nyiapin bahan lainnya trus cemplung-cemplung deh. Sayur juga kalau nggak mau ribet, bikin rebusan aja. Lebih sehat juga kan :)
Saya juga siapkan ikan kering seperti salai, ikan asin, dan ikan teri. Kalau yang ikan segar, tinggal dibersihkan aja trus masukkan frezer. Kalau mau dimasak pas sahur, keluarkan dari frezer, letakkan di rak kulkas biasa sebelum kita tidur. Bisa juga nih dengan menyiapkan frozen food. Apalagi anak-anak doyan yak, dan biar semangat juga pas sahurnya. Biar lebih sehat, frozen foodnya bikin sendiri, seperti bakso or nuget.

Ini nih salah satu contohnya, pas buka masak kalio ayam, ntar pas sahur, kalio ayamnya dijadikan ayam bakar aja. Biar nggak repot, bakar di kompor aja or pake double pan seperti happy call or teflon juga bisa :D



O yah, jangan lupa stok telur. Soale kalau telat bangun, trus nggak ada apa-apa buat sahur, telur bisa jadi lauk yang bisa diolah super cepat :D
Mie instan gimana? Hmmmm... SEKALI aja boleh deh :D

So, udah tahu mau masak apa hari ini?

Posting Komentar