Bakso Goreng Ala Ummi

Tetangga saya ada yang menjual bakso goreng. Bakso gorengnya laris, tiap sore anak-anak bakal antre untuk membelinya. Baksonya bulatan yang berukuran kecil, yang 1 tusuknya berisi 3 bakso. Nai termasuk yang doyan banget jajan ini. Bakso tersebut dijual seharga seribu rupiah aja, tapi nai bisa menghabiskan 5 tusuk sendirian, dan itupun katanya masih kurang.

Akhirnya, biar Nai puas makan bakso goreng, umminya deh yang turun gunung eh turun ke dapur buat bikin bakso. Bikinnya nyambi ngasuh adek Khai, jadi penampakannya agak abstrak, nggak bulat cantik gitu hihihi... tapi alo rasa mah, lumayaaaaan laaaah :D

Oke deh, lanjut ke resepnya aja yah:

Bahan:
  • 1/4 dada ayam yang udah diambil dagingnya aja
  • 1 butir telur
  • 4 kotak es batu, kotak kecil yah 
  • 2 sdm tepung kanji
  • 1 sdm bawang putih cincang
  • 2-3 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdm minyak goreng
  • 1/2 sdm baking powder
  • 1/2 sdm gula pasir
Cara membuatnya: semua bahan saya campur dan saya blender. Setelah itu dibentuk dengan menggunakan sendok, masukkan ke dalam air yang mendidih. Setelah bakso mengapung, angkat.



Bakso kemudian ditusuk dengan tusuk sate. Saat akan digoreng, bakso dicelupkan ke dalam adonan telur yang telah dikocok lepas.

Jadi deh... Nai doyan, apalagi ukuran baksonya saya bikin gede. Bakso yang belum digoreng, disimpan di freezer. Kapan Nai pengen, tinggal goreng.


Posting Komentar