1 Maret 2015

Resep Nasi Tim Daging Cincang (Homemade MPASI )


Putri kedua saya, Khai, saat ini berusia 8m+. Makan besarnya 3x dan camilan 1 kali. Untuk camilan, biasanya saya memberikan Khai buah. Jadi, kali ini saya share menu kesukaan Khai aja yah, yang biasa Khai makan, yaitu nasi tim daging cincang. Makannya bakal lahaaaap banget, gurih dan sedap, walaupun no gula dan garam, karena usia adek Khai < 12m.

Teksturnya tidak terlalu lembek, pas banget buat Khai yang sedang belajar mengunyah. Apalagi giginya udah ada 2. Bunda boleh mencoba resep ini untuk usia berapapun, tinggal disesuaikan saja teksturnya dengan keterampilan mengunyah bayi. Cara membuatnya juga gampang, nggak percaya? sila simak resep dan cara pembuatannya yah ^_^

Bahan:
  1. 40 gr daging sapi (potong kecil-kecil) yang telah direbus lama
  2. 20 gr wortel (parut)
  3. 20 gr labu siam (parut)
  4. 80 gr beras (masak separuh matang)
  5. 1 siung bawang putih (diiris-iris)
  6. 1 siung bawang merah (diiris-iris)
  7. 1 sdm minyak zaitun
  8. 200 ml air kaldu (rebusan daging sapi)
  9. 1 batang kecil daun bawang (dipotong-potong)
  10. 1 batang kecil seledri (dipotong-potong)
  11. 40gr keju (diparut)

Cara Membuatnya:
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan minyak zaitun. Setelah harum, masukkan air kaldu dan juga daging sapi.
  2. Setelah mendidih, masukkan wortel dan labu siam. Tak perlu terlalu lama di masak.
  3. Terakhir, masukkan daun bawang dan seledri. Matikan api.

Nah, selanjutnya kita persiapkan untuk mengukus bersama nasinya
  1. Tempatkan nasi di dalam wadah untuk mengukus, cukup separuh saja dari tinggi wadah.
  2. Masukkan sop daging cincang tadi, beri kuah sampai wadahnya penuh
  3. Kukus selama 30 menit atau sampai matang.

Setelah matang, keluarkan nasi tim daging cincang dari wadah mengukus, beri parutan keju. Siaaaap buat disantap. Resep ini untuk 2 porsi, jadi pas banget untuk makan siang dan malam si kecil :)


Manfaat:
  • Beras mengandung banyak gizi, diantaranya adalah karbohidrat kompleks, vitamin B kompleks, seng, selenium, dan asam lemak omega 6.
  • Daging sapi merupakan sumber zat besi dan asam amino penting yang dibutuhkan untuk membentuk saraf-saraf penyampai pesan di otak.
  • Labu siam tinggi akan kandungan fosfor dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Khasiat lainnya, mengkonsumsi sayur ini dapat membantu menurunkan demam pada anak.
  • Wortel mengandung banyak vitamin dan mineral. kaya akan serat sehingga dapat mengatasi sembelit, selain itu dapat membantu pencernaan, anti diare, dan anti cacingan.
Tips:
  • Wortel dan Labu siam diparut agar lebih berbaur dengan nasi dan gampang untuk diberikan kepada anak
  • Biasakan untuk menyiapkan stok kaldu di frezeer
  • Agar nasi tim lebih nikmat, gunakan beras, masukkan setelah menumis bawang dan daging, diaroni istilahnya. Memang ngukusnya jadi lebih lama sih, tapi sesuailah dengan rasanya.
  • Gunakan keju yang rendah kadar garamnya, misalnya prohiz
 Naaaah... ini adek Khai yang doyan banget sama resep inih :)



"Postingan ini diikutkan dalam Lomba Kreasi Resep 'Say YES to Homemade MPASI'






8 komentar:

  1. ade khai lucu bangett.. senyumnya gemesiin hihihi
    seneng ya de, dapet makanan cantik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng bangeeeet, makanan kesukaannya :)

      Makasih udah mampir :))

      Hapus
  2. Wah, makanannya sehat nih Adik Khai :) alhamdulillaah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... :) Makasih Mbak

      Hapus
  3. waaah menu lezat yang menyehatkan ini untuk si kecil :D
    siapa tau makannya jadi lahap juga seperti Khai :D
    Melahirkan

    BalasHapus
  4. Mba, itu wadah untuk ngukus nya dari plastik gpp ya? Pgn buat nasi tim tp ga punya wadah tahan panas.. Btw, kalo masak pake beras aron brp lama ngukusnya mba? Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bukan plastik Mbak, tapi silicon, Insya Allah aman. Wadah tahan panasnya bisa pakai produk tupperware, mangkok keramik, or wadah stainless steel. Pake beras aron itu kurleb hampir 1 jam Mbak :)

      Hapus