Manisan Kundur Ala Ummi


Dapet kundur dari kakak ipar. seumur-umur, baru pertama kali lihat buah kundur. Dulu tahunya cuma ada minuman kaleng rasa kundur aja. Biasanya dihidangkan pas lebaran. Bingung juga mau diapain ini buah, gede banget lagi. Mau dijus, takut aneh rasanya. Kakak ipar bilang, digulai juga enak. Toh rasa kundur ini nggak beda jauh dengan rasa labu siam. Kan sama-sama dari jenis labu-labuan.


Nggak sengaja, saya belanja di supermarket. Nemu bungkusan manisan kundur. Aha! kenapa nggak saya coba buat sendiri aja yah. Akhirnya, kundur saya eksekusi juga jadi manisan. Ternyata enaaaaaak bangeeet. Saya sampe kalap makannya. Nggak berasa udah habis separuh aja sendirian. Dingin, manis, seger, pas banget dicuca yang gi panas-panasnya di Pekanbaru.


Oke deh, inih resepnya yah:

Bahan:
  • Kundur 2kg
  • Gula pasir 1/2 kg
  • kayu manis 2 batang
  • Kapur sirih 3 sdm
  • 1000lt
Cara membuatnya:
  • Kundur dibuang kulit dan bijinya, potong-potong kecil memanjang
  • Cuci bersih
  • Rendam dengan kapur sirih semalaman
  • Cuci bersih kundur dari bekas rendaman kapur sirih sampai bersih
  • Masak gula dan air serta kayu manis
  • Masukkan kundur, masak hingga airnya habis
  • Setelah dingin, simpan di dalam lemari es

4 komentar

sejenis labu ya mak..baru tahu dna baru liat deh yang kayak gini...apa cuma da di riau???

Reply

Nggak Mak, kaya'nya ada di daerah mana aja deh. Biasanya ada yang jual juga di pasar tradisional :)

Reply

DiBrunei jg ada..kl dimasak rasanya tdk jauh dg labu air..

Reply

Iya, dibuat masakan dengan santan juga enak yah. Makasih udah mampir

Reply

Posting Komentar