Tahu Bakso Ayam Ala Ummi



Sekarangkan lagi musim hujan nih. Di Pekanbaru, siang lumayan panas, ntar sore pas mau maghrib gitu, udah hujan aja. Waaaaaah... enak juga kalau makan yang anget-anget yah. Rencananya mau bikin soto, tapi boseeeen soto mulu. Mendadak, kebayang tahu bakso, yummmmmmy!!! Bisa sih beli, tapiiii pengen porsi yang banyak. Lagipula, kalau beli itu pasti pake MSG, sementara di rumah, masakan saya bebas MSG.


Akhirnya, bikin sendiri!. Puaaaaaas deh, bisa makan berporsi-porsi hihihi... walaupun baru pertama kali bikin, rasanya nggak kalah deh sama buatan abang tukang bakso :D
Buat teman yang pengen nyobain bikin sendiri, boleh sontek resep saya yang super duper gampang dan praktis gitu. Cocok buat mak-mak rempong kaya' kita.

Bahan dan cara membuatnya

Bahan:

Baksonya:
  • Tahu 15 buah (potong 2 miring, jadi berbentuk segitiga, goreng)
  • Ayam 1/4 (bagian dada, haluskan)
  • Bawang putih 5 siung (haluskan)
  • 1 sdt merica
  • garam secukupnya
  • 100gr tepung kanji
Kuah:
  • Tulang ayam (dagingnya sudah diambil untuk bakso)
  • 1 sdm merica
  • 6 siung bawang putih (goreng utuh, memarkan)
  • 1 ikat daun sup
  • 1 ikat daun bawang
  • Air (takarannya nggak tahu, setengah dandang ukuran sedang sih)
  • Garam dan gula secukupnya
Pelengkap:
  • Mie bihun jagung
  • Mie telor
  • Bawang goreng
  • Sawi hijau (kukus)
  • Daun sup (dipotong-potong halus)
  • Sambal
  • Saos
  • Kecap
Cara membuatnya:
  • Untuk membuat tahu baksonya, pertama kali bikin adonan baksonya. Daging ayam yang sudah dihaluskan (saya pake blender) dicampur dengan bawang putih dan garam, dan merica, lalu beri tepung kanji, uleni.
  • Tahu goreng dipotong satu sisinya, masukkan adonan bakso, lalu kukus. Nah, punya saya sisa adonan baksonya, tahunya habis. Jadi, adonan sisa saya bentuk bulat-bulat, rebus di kuah bakso.
  • Untuk kuahnya, rebus tulang ayam, sampai menjadi kaldu. Tambahkan daun sop dan daun bawang, merica, gula dan garam.
  • Siapkan mie bihun jagung, mie telor dan sawi hijau.
Jadiiiii deh, tata di dalam mangkok, sajikan dengan sambel, saos, dan kecap, juga taburan bawang goreng, nikmaaaaaaaat!!!




 
 inih porsi Si Abi, ada tulang dan
pake mangkok yang ada gambar ayamnya
 

10 komentar

iya nih,siak hujannn mulu hari2 ini...belum pernah bikin bakso dari ayam,dulu pernah bikin pake udang.seru ya bisa bikin bakso sendiri hehe

Reply

Kalau saya paling suka bakso ikan :) gurih dan lebih bagus dibanding daging sapi.. Tapi malas bikinnya, mending beli :p

Reply

Iyaaa Mbak, seruuuu... kalau lagi rajin :D

Reply

Kalau lagi rempooong banget, emang enak beli aja Mbak :D

Reply

Kalau buat bakso sendiri, biasa giling ke penggilingan baru di buletin sendiri di rumah. Penting sih jadi makanan emergency kalau Nenek lagi nggak masak, tinggal ambil di freezer dan dijadikan sambel hihi, tapi Cica belum pernah buat tahu bakso Mba dan ga kepikiran kenapa ga buat yaa padahal tahu juga selalu stay di freezer hihi :D

Reply

Iyaaaa, cica. Tapi kalau di Penggilingan itu, udah dibumbui langsung, daaaan pake MSG :D

Sekarang udah kepikirankan, yuuuuk bikiiiin :D

Reply

Mbaaa, godain yg lagi puasa aja nih hiks...ngiler jadinya

Reply

Ntar pas buka, ngebakso Mbak :D Maaaap yaaak

Reply

Jadi kepengen bikin juga nih! ternyata gak susah juga yaaaa!


*Perasaan kemarin ada komen deh, gak masuk ya? Padahal udah diyakinkan bukan robot -____-

Reply

Yup... nggak suseeeh Mbak May

Hah... iya kah :D

Reply

Posting Komentar