10 Desember 2014

Pizza Tanpa Diuleni dan Oven


Dari beberapa hari yang lalu pizza mulu yak. Maklum temans... lagi seneng-senengnya makan dan bereksperimen dengan pizza. Permintaan gadis kecil saya nih. Mumpung bahan-bahannya juga masih ada, sayang klo ntar udah keburu kadaluarsa hihihi...


Jadi, kali ini mau bikin roti pizzanya sendiri, nggak yang instan seperti di sini dan di sini. Tapi, teteeeeup... yang nggak pake ribet. Jadi, nemu resepnya di web Mbak Endang. Akhirnya saya coba deh, habisnya penisirin, bisa jadi nggak yah klo tanpa oven. Jadi, saya panggangnya di teflon ajah.

Oke deh, langsung ke resepnya aja yah

Bahan Roti (copas dari Blog Mbak Endang):

- 150 ml air hangat
- 2 sendok makan minyak zaitun atau minyak sayur biasa
- 1 sendok teh ragi instan, pastikan fresh dan cek masa kedaluarsanya (misal Fermipan)
- 1/2 sendok teh garam
- 180 gram tepung terigu serba guna atau protein tinggi (misal Segitiga Biru atau Cakra Kembar)

Topping:














Cara membuatnya:

Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan garam, aduk rata dengan spatula. Masukkan semua bahan adonan pizza lainnya,  aduk hingga semua bahan tercampur rata dan menjadi adonan yang kasar, lembek dan agak basah. 

Tutup mangkuk dengan kain, biarkan di suhu ruang selama 1 jam hingga mengembang. Masukkan adonan ke kulkas dan biarkan 1 - 2  jam lagi dalam posisi tertutup kain. Adonan boleh didiamkan di kulkas maksimal hingga 7 jam. Semakin lama adonan diisitirahatkan maka roti akan terasa semakin sedap. 

Nah, saya kan bikin adonannya sore jam 4. Rencana mau dieksekusi jam 8 malam, buat kudapan malam. Ealaaaaaah... saya kelupaan karna kecapekan. Jadi, baru saya eksekusi pas paginya jam 8. Deg... degan sih, bisa apa nggak adonannya dipake. Apalagi, pas dini hari listrik sempet mati, dan si Abi nyabut colokan kulkasnya. Alhasil itu kulkas baru saya colokin jam 5 shubuh.

Ternyataaaaaaa.... adonannya masih bisa dipake dan berhasil pemirsah! Alhamdulillah...

 Tekstur adonannya lembek

Nah, berikut cara panggangnya di teflon:

Teflon dioles margarin

Taburkan terigu

Pipihkan adonan rotinya, panggang sebentar sampai mengembang
tutup teflon dengan tutup panci
Karena adonan lembek, taburkan terigu pada tangan

Setelah mengembang, beri topping, panggang
sampe warnanya kecoklatan

Jadiiiiii deh ^_^

Rotinya empuuuuk... bawahnya krispy

Lelehan kejunya sedaaaaap
bikin nagiiiii

10 komentar:

  1. hemmm....kayaknya gak kalah sama Papa Rons mbak....wah bisa di coba nih resepnya.. thank for sharing ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayanlah Mbak, lebih irit jugaaa :)

      Hapus
  2. Waaah mudah banget ternyata. Nyoba ah :))

    BalasHapus
  3. Kapan2 kucoba, masih nyari fermipannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake ragi merk yang lain juga nggak papa Mbak Ela :)

      Hapus
  4. looks yummy banget mbaa..... aku mau coba bikin juga ah :)

    BalasHapus
  5. Delicious! ga perlu ke PH hihi

    BalasHapus