Dendeng Batokok Kinchay Pekanbaru


Beberapa waktu yang lalu, saya udah pernah posting tentang rumah makan dendeng batokok Harapan Raya Pekanbaru. Nah, kali ini saya juga mau bahas salah satu tempat makan yang mengusung dendeng batokok sebagai menu andalannya, namanya dendeng batokok Kinchay. Sekilas aneh yah, apa itu Kinchay, mirip-mirip bahasa chines. Eh ternyata, Kinchay itu berasal dari kata Kerinci. Salah satu daerah yang ada di Riau.



Kerinci ternyata punya nama yang lain yaitu Kinchay. Nah, makanan yang ada di rumah makan ini adalah makanan khas kerinci yang memang sudah terbawa cita rasa masakan Sumbar (Sumatra Barat). Saya makin penasaran, bagaimana cita rasa dendeng batokoknya, karena dari segi pengolahan agak berbeda. Dendeng batokoknya dibumbui, lalu dipanggang.


Dendeng batokok disajikan dengan beberapa lauk lainnya. Jadi, bisa dibilang sudah dalam bentuk porsi. Menu lainnya yang tidak disajikan, melainkan harus diorder dulu juga banyak, seperti soto betawi, sate maranggi, belut panas, dan telor dadar spesial.


Sebelum saya bahas bagaimana cita rasanya, saya bahas tempatnya dulu yah. Tempatnya asyik, bagus sekali, karena terletak di halaman sebuah rumah mewah, yang mungkin adalah rumah pemilik usaha ini. Jadi, suasananya asri karena berada di taman. Hanya saja, jumlah kursinya tidak begitu banyak, ntah karena tempat makan ini masih terbilang baru, sehingga belum begitu banyak pengunjung, atau karena pengunjung tidak terlalu ramai dijam-jam tertentu (tidak datang serentak). Sehingga, tempat duduknya masih memungkinkan.



Oke deh, bagaimana dengan rasanya? ENAK. Rasanya berbeda, karena pengolahannya juga berbeda. Terlebih, sambal pendampingnya berupa cabe hijau campur rawit dan bawang yang diulek kasar. Sementara saya, lebih menyukai cabe dan bawangnya dirajang saja. Tapi beneran, dendeng batokok Kinchay ini lebih enak, sebanding deh dengan dendeng yang ada di rumah makan Purnama (dekat Mall Pekanbaru).


Oke deh, ntar kalau saya makan dendeng di rumah makan Purnama, saya share lagi yah. Maklum, nyampe sana biasanya udah lapeeer banget. Nemu dendeng, langsung libaaaaaas... nggak sempet difoto lagi :D


2 komentar

oke,catett kalo ke pekan coba mampir kesini,tempatnya juga bagus ya mbk^^

Reply

Klo ke Pekan, kabari Mbak. Ntar kita janjian di sini :)

Iya, tempatnya baguuuuuus banget

Reply

Posting Komentar