Bolu Kukus Pisang Ala Ummi


Persediaan pisang masih banyaaaak. Kakak ipar panennya nggak nanggung-nanggung, banyak sih batangnya. Enak juga yah kalo punya halaman gede, bisa nanem macam-macam, termasuk pisang. Tapi, Alhamdulillah walaupun saya nggak punya halaman gede, tetep kebagian pisang yang buanyaaak. Waktu itu, pisangnya saya olah jadi limpang-limpung. Sekarang, pengen bikin bolu kukus pisang.

Ini bolu, murni eksperimen saya yang asal cemplung bahan aja, alias pake bahan dan takaran bikin-bikin sendiri. Alhamdulillah jadi juga dan rasanya enaaaaaak hihihi...
Penasaran? berikut resepnya:

Bahan:
  • Tepung terigu 200gr (ayak)
  • gula pasir 100gr
  • Margarin 50 gr (lelehkan)
  • Telur 1 butir
  • Pisang 5 buah (haluskan), 1 buah dipotong-potong bulat untuk atasan
  • Baking powder 1/2 sdt
Cara membuatnya:
  • Mixer gula dan telur sampai putih, masukkan margarin sambil di mixer terus
  • Masukkan pisang yang telah di haluskan
  • Terakhir masukkan  tepung terigu dan baking powder
  • Tuang adonan ke dalam cetakan, atasnya beri irisan pisang. Lalu kukus deh. Kukusannya udah dipanaskan dulu yah, trus jangan lupa ntar tutup dandangnya dilapis kain biar uap nggak netes ke adonan. 
Gampang yak, nggak nyangka juga lho bakal jadi :D
Lagi-lagi nih, Nai minta ditopping coklat, jadi saya beri aja parutan DCC di atasnya :)


2 komentar

Akan Cica buat ini setelah exam berakhir.. Dulu pernah buat pake oven TAPI gagal dan itu sedih sekali Mba :"huhu

Reply

Saya nggak punya oven, jadi seneng yang kukus-kukus aja Ca :D

Reply

Posting Komentar