Ikan Goreng Siram Saus Mangga



Ini makanan yang sering banget saya buat pas lagi hamil adek Khai. Rasanya enak, apalagi sensasi asam dari mangga, segeeeeer. Maklum temans, pengennya makan mangga muda, tapi nggak tahan karena ada maag. So, karena saya doyan banget sama ikan, untuk variasi, olahan ikan goreng siram saus mangga ini jempooool banget deh. Cara buatnya juga gampang, hasilnya enak, bahkan kalau saya makannya bisa sampai bersih banget, tulang-tulang ikan murni tulang-tulang aja tanpa tersisa dagingnya sedikitpun, bahkan tulang-tulangnya remuk tak berbentuk lagi hehehe... *rakus ini mah

Bahan:
  • 3 ekor ikan nila ukuran sedang (bersihkan)
  • 2 buah mangga ukuran sedang yang setengah matang (iris panjang-panjang)
  • 1 ruas jahe (iris)
  • 5 batang cabe merah (iris)
  • 3 siung bawang putih (iris)
  • 1 buah bawang bombai ukuran sedang (iris)
  • 1 buah tomat merah (potong dadu)
  • 1 sdt merica
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya
  • saus tomat 5 sdm
  • Air 6 sdm
  • Maizena 1 sdt
  • minyak untuk menggoreng
Cara membuatnya:
  • Ikan dilumuri garam, lalu goreng
  • Tumis semua bahan saos, cabe, bawang putih, bawang bombai, jahe, beri garam,gula, merica, dan masukkan saus tomat, air yang telah dilarutkan dengan maizena, terakhir beri irisan mangga
  • Siram saus yang telah matang tadi ke atas ikan yang telah digoreng.

6 komentar

seger kayaknya, Mak. Apalagi saya suka banget mangga :)

Reply

Yup segeeeer.... Tosss... Mak Myra :)

Reply

Mantap banget ni kayaknya .... hehehe
kira2 ikan apal lagi yg cocok y selain nila ...

Reply

dilihat dari gambarnya.. jadi ngiler..hehe
makasih bnyk resepnya.. pngn nyoba ikan goreng siram saus mangga dirumah :D

Reply

Ikan gurami, kerapu, bawal, lele juga enak kali yah :D

Reply

Emang enak, silahkan dicoba buaaat :)

Reply

Posting Komentar