Eggless Chocolate Cake Tanpa Mixer dan Oven



Ini resep, teteup saya dapetnya dari grup FB Dapur Aisyah. Kalau nggak salah, ini resep dari adminnya, Mbak Kamelia Marfu'ah. Aslinya  Mbak Kamelia masak pake rice cooker. Saya udah coba sih, tapi hasilnya nggak seperti foto yang Mbak Kamelia unggah, tinggi cakep. Saya malah nggak terlalu tinggi alias rada bantat. Menurut Mbak Kamelia, mungkin karena dia pake rice cooker yang ukuran kecil. Nah, buat temans yang mau nyobain pake rice cooker, caranya tekan tombol cook, setelah pindah ke warm, tekan lagi ke cook dengan jeda kurleb 5 menit. Lakukan ini sampai 3 atau 4 kali, baru deh adonannya mateng.



Tapi kalau mau aman, kukus aja deh, rasanya juga enak, nyoklaaaaat. Ini cocok buat yang alergi telur, karena nggak pake telur. Buat jualan juga oke, modalnya minim. Cara buatnya juga gampang, nggak pake lama. Nai sering nih minta dibawain bekal ini untuk sekolahnya. Oke deh, langsung aja yah resepnya yah, saya copas langsung dari grup:

Bahan:
  • 2 cup tepung (ayak)
  • 1/2 cup bubuk coklat (ayak)
  • 1 1/2 cup gula pasir
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt baking soda
  • 1 cup susu cair
  • 1 cup minyak goreng
Topping:  
  • 1 cup dark cooking chocolate
  • 1/4 cup mentega
Cara Membuatnya:
  • Campur semua bahan kering,
  • Masukkan susu cair aduk rata (ngaduk pake garpu)
  • Tambahkan minyak goreng.
  • Setelah rata panggang pake rice cooker/ kukus
  • Pastikan mateng rata.
  • Setelah dingin kasi topping lelehan coklatnya



Kalo ngukus, inget yak jangan lupa tutup kukusannya di alas serbet atau kain, biar uap airnya nggak netes ke kue. Pancinya kudu dalam keadaan panas alias udah beruap, baru adonannya di masukkan. Untuk kematangan, kurleb 15-20 menit, pake tes tusuk yah.

Posting Komentar