Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah anugerah yang luar biasa. Begitu vitalnya fungsi mata bagi kehidupan kita sehari-hari, maka kita harus menjaga anugerah ini dengan baik. Menjagakan lebih baik daripada mengobati yah, hal ini juga berlaku pada mata. Kalau kita mengabaikannya begitu aja, maka besar kemungkinan kita dapat terkena gangguan pada mata, misalnya nih penurunan fungsi mata, bahkan bisa lebih. Memang kebanyakan gangguan atau penyakit pada mata nggak menimbulkan kematian namun dapat menyebabkan kebutaan. Pengaruhnya juga besar, nggak hanya menjadi masalah medis atau klinis, tetapi juga memasuki ranah sosial. Menyebabkan keterbatasan pada penderitanya, yang berkaitan dengan produktivitas, kinerja dan mobilitas, secara general juga menimbulkan dampak sosial ekonomi bagi lingkungan, keluarga, masyarakat, dan negara.

Padahal, untuk melakukan perawatan pada mata itu nggak sulit lho. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan sebagai pencegahan, terutama terhadap kebiasaan buruk kita yang dapat mempengaruhi kesehatan mata, yaitu:
  • Memperbanyak konsumsi makanan berupa sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin A, C, dan E sebagai nutrisi untuk mata, seperti; pepaya, tomat, wortel, alpukat, brokoli, rimbang, telur, minyak ikan kod, hati, susu, dan mantega.
  • Saat melakukan aktivitas di luar, gunakanlah kacamata sebagai pelindung mata dari cahaya matahari, polusi udara baik berupa debu dan asap.
  • Gunakan kaca filter pada layar komputer untuk menangkal radiasi, serta istirahatkan mata sejenak agar tidak lelah.
  • Tidak menggosok-gosok mata dengan kuat dan sering.
  • Saat membaca buku jangan terlalu dekat, minimal dengan jarak 30cm, gunakan penerangan dan posisi yang bagus, jangan sambil tiduran.
  • Kurangi menonton televisi. Saat menonton harus dengan jarak, posisi dan penerangan ruangan yang baik.
  • Rutin memeriksakan kesehatan mata, minimal setiap setahun sekali.
Di jaman canggih seperti sekarang ini, banyak aktivitas yang dilakukan manusia dengan menggunakan komputer atau laptop. Tapi tahukah Temans, bahwa otot mata kita terdiri dari tiga otot eksternal yang mengatur gerakan bola mata? Ketiga otot ini pulalah yang akan bekerja keras ketika kita bekerja di depan komputer/laptop selama tiga jam sehari secara kontinyu.

Saat sepasang mata ini diforsir untuk bekerja terus menerus tanpa istirahat, maka otot-otot eksternal pada mata akan bekerja semakin keras lagi. Saat mata sudah terlalu lelah, kemampuan fokus pada mata pun akan semakin menurun. Bahkan nih yah bisa mengakibatkan sakit kepala, penglihatan menjadi kabur secara permanen sehingga harus menggunakan kacamata, ataupun malah semakin menambah ukuran minus/plus bagi yang telah menggunakan kacamata.

Apalagi buat para penulis dan blogger. Akrab banget deh dengan komputer/laptop. Biasanya penulis itu fokus banget kalau lagi ngetik. So, menjaga kesehatan mata itu sangat penting. Berikut ini adalah Tips sehat untuk mata bagi para penulis, blogger, dan pekerja lainnya yang setiap harinya selalu berhadapan dengan komputer/laptop:
  • Untuk mengurangi radiasi, gunakan filter pada layar komputer.
  • Jarak pandangan mata dengan monitor komputer tidak terlalu dekat. Idealnya jarak pandang mata dengan monitor adalah 50-70 cm.
  • Letak posisi monitor jangan terlalu tinggi atau rendah dari pandangan mata, karena berpengaruh terhadap leher. Idealnya posisi monitor lebih rendah dari pandangan mata yaitu bagian tengah monitor berada 10-25 cm di bawah mata.
  • Mengatur pencahayaan monitor dan ruangan dengan intensitas kenyamanan mata. Tidak menggunakan pencahayaan yang terlalu terang atau terlalu redup, karena dapat membuat mata cepat lelah. 
  • Mengambil jeda sejenak untuk mengendurkan otot-otot mata, dengan cara memandang tanaman hijau atau langit biru.
  • Memperbanyak mengedipkan mata, karena saat berada di depan komputer terlalu lama, dapat menyebabkan mata cepat kering. Mata kering akan cepat iritasi, dan iritasi mata membuat mata terasa sepat dan perih. 

Posting Komentar