Bolu Kukus Tape Singkong


Bolu kukus memang paling gampang untuk dibuat, rasanya juga enak. Nah, waktu itu ada tape singkong di rumah. Saya udah lama juga nggak makan bolu tape. Jadi, berhubung lagi rajin banget dan si adek aman terkendali, akhirnya saya dan Nai bereksperimen kembali di dapur hehehe... maklum saja, biasanya kalau pengen makan bolu tape, saya biasanya memesan, bukan membuat sendiri. Apalagi belum punya oven. Tapi ternyata, bolu tape dikukus enaaaaak juga.

Berbekal dari resep yang saya dapatkan di Mbah google, akhirnya bahan-bahan yang ada langsung saya eksekusi. Sedikit improvisasi, di atas bolu saya taburi keju, yang ternyata meleleh saat dikukus. Selain itu, saya tidak menggunakan cetakan muffin seperti yang dikatakan resep, melainkan cetakan bolu kukus. Alhasil, penampakannya seperti bolu kukus yang lagi ketawa malu-malu. Tapi kalau soal rasa. jangan ditanya, enak begindang karena masak di dandang *halaaaaah :D

Lagi-lagi semua suka (semua itu adalah saya, si Abi, dan Nai :D) dan bolu kukus tape singkong ini juga dijadikan bekal untuk dibawa Nai ke sekolah. Sungguh, prestasi banget buat saya yang masih sempat membuat sendiri bekal untuk Nai, walaupun rempong ngurus ini itu, termasuk si adek yang masih baby. Semangaaaaat, karena ini akan menjadi bagian tersendiri untuk Nai kenang :) *lap aer mata

Bahan-bahan:
  •     85 gram margarin
  •     100 gram tape singkong
  •     5 butir telur
  •     85 gram gula pasir
  •     1 sendok teh emulsifier (sp/tbm)
  •     100 gram tepung terigu protein sedang
  •     2 sendok makan susu bubuk
  •     1/2 sendok teh baking powder

Cara membuat:
  1. Kocok margarin hingga lembut. Tambahkan tape singkong. Kocok rata. Sisihkan.
  2. Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier hingga mengembang. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder sedikit-sedikit sambil diayak dan diaduk rata.
  3. Tuang sedikit adonan telur ke dalam campuran margarin. Tuang kembali ke  dalam campuran telur sambil diaduk rata.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang muffin yang dialas cup kertas. Kukus di atas api sedang 10 menit sampai matang.


4 komentar

ternyata tape singkong bisa dibuat bolu kukus juga ya.... saya baru tahu :)

Reply

Yuuuk coba buat juga Mbak, enaaaaak :)

Reply

kayak nya enak nih bolu kukusnya, digambar kyk lumer gitu..
jdi ngiler..pngn nyoba bikin dirumah.. :D
ijin praktekin resepnya dirumah yak hehe

isi pulsa bonus pulsa

Reply

Silahkaaaaan... :)

Reply

Posting Komentar