Bolu Kukus Gula Merah Tanpa Telur dan Mixer

Ditabur keju lebih enaaak

Bikin bolu kukus nggak pakai telur dan di mixer? Emang bisa?. Eh ternyata bisa lho, resep ini saya dapat di grup FB Dapur Aisyah. Trus pertanyaan terpentingnya adalah apakah bolu kukus tersebut bisa mengembang atau kerennya dibilang ketawa?, bisa. Alhamdulillah saya nggak kena kutukan bolu kukus hihihi... yang bisa bikin bolu kukusnya tetep mingkem.
 
Cuma, nggak terlalu ketawa, karena pas ngukus saya lupa nutup tutup kukusan pakai kain. Kalau nggak ditutup kain, uap air bisa jatuh ke adonan kue. Trus, cup yang saya gunakan ukurannya besar, nggak banding dengan cetakannya, pas ngisinya saya juga kurang pas, cuma 1/2 cup, mungkin sebaiknya 1/4 cup.

Nah, penasaran? Yuuuk langsung catet resepnya. Ini saatnya yang nggak punya mixer tetep bisa baking dan yang alergi telur tetep bisa makan bolu kukus.

 Bahan:
  • 1/4 kg gula merah, direbus dengan 150 air + 1 batang kecil kayu manis, saring, dinginkan.
  • 1/4 terigu protein sedang (ayak)
  • 100 ml minyak goreng
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue
Caranya:

Siapkan dandang untuk mengukus, isi air, letakkan di atas kompor dengan api sedang. Campur semua bahan, aduk searah jarum jam sampai rata, tekstur nantinya agak kental. Setelah itu masukkan ke dalam cetakan beralas paper cup, kukus dlm dandang yang sudah beruap banyak, selama 30 menit dengan api besar.

Inget yah, tutup dandangnya dialas dengan kain. Dandang harus sudah kita siapkan terlebih dahulu sebelum membuat adonan.
 

Gampangkan cara membuatnya. Pas dapet resep ini, saya langsung ngajak Nai untuk eksekusi. Udah lama juga kami nggak baking. Mumpung adek Khai tidur. Lagipula membuat bolkus ini cepet banget. Rasanya? Alhamdulillah enak, Nai suka. Nah, untuk yang niat buat dijual, resep ini terbilang mudah dan murah. Silakan dicoba yaaaa :)
 

Posting Komentar