Sambal Terasi Sedaaaap...

Emang benar, jika ada ungkapan bahwa orang Indonesia nggak bisa makan tanpa sambal. Hal ini terbukti dari aneka kuliner nusantara, yang nggak terlepas dengan sajian sambalnya. Ikan bakar, ayam bakar, ikan goreng, ayam goreng, aneka seafood, ikan asin, bahkan hanya sekedar untuk makan tahu dan tempe saja, rasanya lebih nikmat dengan didampingi sambal, bener nggak?

Apalagi saya, paling doyan sama sambal. Nah, sebelumnya kan udah posting ayam bumbu nih. Untuk nemenin tu ayam, tinggal buat sambal terasi deh. Trus, sayurnya sayur bayam merah, ajiiiiib. Untuk sambal terasi, siapa hayooo yang nggak doyan. Sepertinya jarang yah, di sini, di Pekanbaru, sambal terasi itu bisa dibilang primadona. Hampir sajian sambal dari menu-menu masakan, ada terasinya. Bahan dan cara membuatnya juga gampang.

Bahannya terdiri dari cabe merah, cabe rawit (buat yang doyan pedes banget), bawang merah, bawang putih, tomat, terasi, garam, gula merah. Takarannya, tergantung selera dan porsi yang akan dibuat. Cara membuatnya gampang banget. Cabe, duo bawang, tomat, dan terasi digoreng sebentar. Setelah layu, angkat, tiriskan. Trus tinggal diulek deh, ditambahkan garam dan gula merah secukupnya. Biar tambah seger, tambahkan juga dengan perasan air jeruk nipis. Sedaaaaap... pedes, seger, sangat menggugah selera makan.





Posting Komentar