Resep Garang Asem Bumbu Iris

Saat ini memang bener-bener kudu jaga asupan makanan, kalau perlu seminimal mungkin untuk makanan yang diolah dengan cara digoreng. Jadi, waktu itu saya mencoba untuk membuat garang asem. Saya belum pernah mencicipi makanan ini sebelumnya, hanya menyaksikannya saja dibeberapa acara kuliner di TV. Saat melihat host tersebut makan, wuiiiih.... kelihatannya enak banget, anget-anget, pedes, asam, dan suegeeer tentunya *bumil ngidam

Setelah googling, saya nemu berbagai macam resep garang asem dari berbagai daerah. Bahan utamanya juga tidak hanya ayam, tapi ada juga yang menggunakan daging sapi atau daging ikan. Bahan-bahan lain seperti bumbu, nggak ribet dan mudah ditemukan. Tapi, saya nggak pake giling-giling kecuali giling kemiri dan sedikit merica, yang lain saya iris-iris saja. Saya juga nggak pakai santan, cuma kemiri, karena selama hamil saya mendadak jadi nggak suka makanan yang bersantan.

Berikut bahan-bahannya:

  • Ayam (dipotong kecil-kecil)
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Tomat ijo atau belimbing wuluh
  • Serai (diiris tipis-tipis)
  • Daun salam (diiris)
  • Lengkuas (diiris)
  • Jahe sedikit (diiris)
  • Jeruk nipis
  • Kemiri
  • Merica
  • Garam
  • Gula pasir (saya nggak pake penyedap)
  • Daun pisang untuk mempungkus, lidi juga yah
Cara Membuatnya:
  • Ayam yang sudah dipotong kecil-kecil dicuci sampai bersih, kemudian lumuri dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit.
  • Siapkan bumbu-bumbu, seperti bawang merah dan putih, cabe merah, tomat ijo atau belimbing wuluh, serei, daun salam, lengkuas, dan jahe yang telah diiris-iris. Lalu campurkan dengan ayam dan kemiri juga merica yang telah dihaluskan. Beri garam dan gula pasir. (saya nggak pake ditumis)
  • Lalu bungkus campuran tersebut ke dalam daun pisang.
  • Kukus hingga matang
Alhamdulillah... jadi, rasanya juga uenaaaaak.... seger banget. Walaupun nggak pake santan, tapi terlihat seperti memakai santan, karena kemiri dan kaldu ayamnya. Nai juga doyan banget, karena nggak terlalu pedes. Besok kalau udah nggak hamil lagi, saya bakal bikin pakai cabe rawit hehehe...

Nah temans, maaf saya nggak pake takaran, tapi semakin banyak bumbu-bumbu yang kita gunakan, rasanya juga makin enak, apalagi gampang, cuma diiris-iris.




2 komentar

ditempat saya susah banget dapet belimbing wuluh padahal garang asem itu enak

Reply

Pakai tomat ijo Mbak, tapi lebih asem belimbing wuluh yah :)

Reply

Posting Komentar