Resensi The Miracle Of Air Mata

Ceritanya gi nulis nih, trus sekalian hunting bahan dan nanya-nanya sama Mbah Google. Eh, nggak tahunya malah ngelayap kemana-mana. Jalan-jalan ke berbagai grup yang saya ikuti di FB lah, nyimpen twit dari orang-orang yang inspiratif lah, ngutak-ngatik blog trus BW sana-sini lah. Haiyaaaaa... itulah susahnya kalau nulis nyambil online, suka tergoda, jadinya nggak fokus. Eh, tapi tunggu dulu, gara-gara kelayapan saya kali ini, saya menemukan sebuah resensi dari seorang mahasiswa IAIN Sumatra Utara. Wow... yang diresensi adalah buku saya yang berjudul The Miracle Of Air Mata. Nemu resensi ini rasanya sesuatu banget yah. Ini adalah buku solo kedua saya yang terbit di tahun 2012 lalu. Oke deh, cekidot yah resensinya ^_^



Judul Buku : The Miracle of Air Mata
Penulis : Oci Yonita Marhari
Penerbit : Laskar Aksara
Cetakan : Pekanbaru, 2012
Halaman : 13 cm x 19 cm: 156 halaman
Menangis adalah sebuah bahasa emosional jiwa yang universal. Setiap manusia dalam mengarungi kehidupan pasti pernah menangis. Bahkan, kita sudah menangis saat lahir ke dunia. Menangis tidak memandang usia, jenis kelamin, dan status sosial. Ternyata, aktivitas menangis tersebut memiliki dampak positif terhadap tubuh kita. Sama halnya dengan keringat yang keluar saat kita berolahraga.
Nah, apa saja keajaiban yang terkandung dalam setiap tetes air mata manusia? Adalah buku "The Miracle of Air Mata" karangan Oci Yonita Marhari akan membahasnya secara tuntas, baik dari segi psikologi maupun kesehatan. Jika dilihat dari segi kesehatan, buku ini mengungkapkan sebuah kandungan ajaib yang terdapat pada air mata, yaitu Lyzosme. Kandungan Lyzosme tersebut berfungsi untuk menjaga mata dengan cara membunuh berbagai macam mikroba. Selanjutnya jika dilihat dari segi psikologi, buku ini menyatakan bahwa air mata yang keluar saat kita menangis juga dapat menjadi obat yang mujarab untuk menghilangkan stress, bad mood, melegakan perasaan, melembutkan hati, bahkan untuk menarik simpati orang lain. Selain daripada itu, buku ini mengungkapkan bahwa air mata yang keluar saat kita menangis dapat melarutkan bahan kimia yang muncul karena stress, seperti endorphin, leusin-enkaphalin, dan prolaktin.

Buku yang digagas oleh wanita lulusan Universitas Riau tersebut mengupas sisi lain dari sebuah aktivitas yang konon selalu dikaitkan dengan kelemahan seseorang atau ketidakberdayaan. Bagi seorang wanita terkadang menangis dijadikan sebuah senjata untuk kaum pria. Menurut buku ini, air mata yang jatuh menetes ternyata bukanlah sebagai lambang dari kelemahan manusia atau sesuatu yang hanya sia-sia belaka. Melainkan, sebuah anugerah Tuhan yang penuh dengan keajaiban. Sebab menangis membuat kita jujur bahwa tidak selamanya kita kuat, melainkan bertahan untuk tetap menjadi kuat.

Buku yang diterbitkan oleh Laskar Aksara ini dilengkapi tokoh-tokoh dunia dengan air matanya yang membuat kualitas buku ini menjadi lebih menarik. Buku yang berjumlah V bab tersebut disusun secara apik dengan penempatan kata-kata mutiara yang membuat esensi buku ini semakin menarik. Apalagi didukung dengan efek warna dari sampul yang berwarna putih dan merah muda seakan menimbulkan kesan cerah terhadap buku berkarikatur mata menangis tersebut.

Terlepas dari itu semua, dalam buku ini terdapat beberapa kata yang kurang dipahami bagi pembaca pemula seperti Saya.

Alangkah baiknya penulis menggunakan kata yang tidak asing didengar oleh telinga pembacaMeski demikian, kekurangan yang sedikit tersebut tidak mengurangi esensi dari buku ini. Buku ini layak dibaca oleh siapa saja. Mau tua ataupun muda.

Pembaca dapat memetik hikmah dari buku ini.Tidak lagi memandang air mata hanya sebagai cairan yang "remeh".

Karena sesungguhnya Tuhan tidak menciptakan segala sesuatu dengan sia-sia. Temukanlah keajaiban-keajaiban dari setiap tetes air mata baik dari kesehatan, psikologi, lahir dan batin dalam buku ini.

Peresensi Edi Syahputra, mahasiswa Fakultas Syari"ah jurusan Ekonomi Islam semester 1 IAIN Sumatera Utara.
                                 Sumber: http://www.analisadaily.com/news/read/2012/12/05/91897/keajaiban_di_balik_air_mata_saat_menangis/#.UOtkk6wk_O5

 Alhamdulillah buku ini termasuk kategori buku laris di Gramedia Pekanbaru. Semoga di kota-kota lain juga, Aamiin... ^_^



2 komentar

Halo, bukunya ada di jual dimana ya sekarang? Apakah masih ada?

Reply

Maaf Mbak, udah nggak ada lagi di toko buku. Coba cari di tobuk online aja Mbak :)

Reply

Posting Komentar