Katri Mandi (Ubi ungu)


Biasanya, saya kalau bikin katri mandi pakai ubi jalar kuning. Nah, berhubung kemarin gi nemu penjual ubi jalar ungu di pasar kaget, saya beli lumayan bayak. Waktu itu, ubi jalar ungu pernah saya buat menjadi puding ungu. Ternyata, pas dibuat katri mandi, rasanya juga enak banget dan warnanya cantik *penyuka warna ungu ^_^

Cara membuatnya juga gampang banget, cuma butuh bahan-bahan berupa ubi ungu, tepung ketan, santan, gula pasir, daun pandan, sedikit garam, dan air. Sebelumnya, ubi ungu direbus dulu, setelah itu dihancurkan dan diadon bersama dengan tepung ketan sampai kalis dan bentuk bulat-bulat. Setelah itu, masak air, setelah mendidih masukkan bola-bola tadi. Berhubung saya gi buru-buru (hihihi... ngeles), setelah bola-bolanya mengapung, saya langsung masukkan santan, gula, daun pandan, dan sedikit garam. Karena itulah kuahnya jadi ikutan ungu juga. Sayangnya, santannya kurang banyak, jadi nggak terlalu kental *ngurangi kolesterol, ah alesan!

Setelah mendidih, matikan api, jadi deh. Rasanya enaaaaaaak.

Yang ini katri mandi pakai ubi jalar kuning.


7 komentar

Ih, warna ungunya cantik banget Mbak, warna aseli lagi ya... jadi kepengen nyoba bikin juga...

Reply

Iya Mbak Nurin, cantik dan rasanya enak. Silahkan dicoba ^_^

Reply

tapi jadi cantik mbk warnanya.ungu,kuah ungu.. Tepung ketan ika habis :( pengen

Reply

Iya Mbak Ikha, saya sukaaaaaa... warna ungu hehehe...

O yah, pakai tepung kanji juga bisa lho Mbak ^_^

Reply

naahhh,, kayanya ini bisa jadi pengganti pearl kalau kita bikin ice bubble yah mak ^^ makasiy yah resepnya ^^

Reply

Wah, good idea tuh Mbak :D

Reply

Jaringan 4g


Ngengeeeengg .. pengen nyba ahhh. kelihatannya cantik.
semoga nanti jadinya enak nih :)
kreatif banget resepnya nih .. Sukses yah mbak :)

Salam kenal deh http://orangbiasaji.net

Reply

Posting Komentar