Donat Ala Ummi

Donat Ubi Jalar

Dulu, biasanya kalau mau bikin donat, selalu pakai tepung instan pondan. Donatnya jadi, cuma bentuknya aja yang masih abstrak hehehe... Tapi sekarang, saya udah mulai coba-coba untuk buat takaran adonan sendiri. Hmmmm... cuma rada aneh nih, kalau pakai takaran, jarang banget makanan bikinan saya sukses, tapi kalau asal nakar aka pakai perasaan aja, Alhamdulillah sukses. So, karena itu jarang banget di resep ala ummi ada dicantumin takarannya hehehe...

Nah, kali ini nggak nanggung-nanggung. Saya berjibaku di dapur untuk bikin donat ubi jalar. Sayangnya, ubi jalar yang saya beli meleset, seharusnya ubi jalar merah, eh nggak tahunya cuma kulitnya doang, dalemnya putih >_<

Tapi apa boleh baut eh buat, donat tetap harus dibuat. Untuk bahan-bahannya:

  • Tepung terigu
  • Ubi jalar (direbus lalu dihaluskan)
  • Ragi
  • Gula
  • Susu bubuk
  • Baking powder
  • Telur
  • Margarin
  • Garam
  • Air es
Cara membuatnya:

  • Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, susu bubuk, dan baking powder sampai rata. Tambahkan ubi jalar. Uleni rata.
  • Masukkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
  • Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 30 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
  • Pipihkan adonan. Lubangi tengahnya. Letakkan di loyang yang ditabur tipis tepung terigu. Diamkan 45 menit sampai mengembang.
  • Goreng dalam minyak  yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang. Dinginkan.
  • Terakhir, beri toping sesuai selera, bisa keju, meises, selai stroberi, atau gula halus.



Alhamdulillah berhasil, rasanya juga enak. Besok-besok coba yang kentang ah... Oh iya, sekalian mo hunting ubi jalar merah dan ubi jalar ungu, penasaran. Rasanya pasti juga enak dan warnanya lebih menarik.


Nai yang habisin hehehe...




Donat Hitam manis

Nggak berapa lama setelah berhasil membuat donat ubi jalar, saya kembali bereksperimen untuk membuat donat dari tepung ketan hitam. Kebetulan di rumah lagi banyak tepung ketan hitam, daripada dibuat lepat atau bolu kukus mulu, coba buat donat ah.

Untuk bahan-bahannya sama dengan di atas (skip ubi jalarnya). Saya menggunakan tepung terigu dan tepung ketan hitam kira-kira 2:1. Trus, gulanya agak lebih banyak.

Taraaaaaa.... Jadi deh, Nai sukaaaa banget. Donat juga jadi favorit nai sebagai bekal sekolah ^_^








3 komentar

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

kalu donat ubi jalar atau donat kentang aku dah biasa buat mba, nah yang pake tepung ketan hitam niat nyoba nih.....thanks for inspiring ye mba^_^

Reply

Sama-sama Mbak Sara, Monggo dicoba, enaaaaaak... ^_^

Reply

Posting Komentar