Hari Perempuan Sedunia


Wah.. saya baru tahu bahwa ternyata setiap tanggal 8 Maret, seluruh perempuan di dunia memperingati Hari Perempuan Sedunia atau Women Day. Kenapa tanggal 8 Maret sebagai International Women Day, karena di tahun 1917 perempuan di Rusia, untuk pertama kalinya diberikan hak suara oleh pemerintah Rusia. Inilah yang menjadi tonggak awal peringatan bagi seluruh perempuan dunia.

Yah, begitulah setidaknya informasi yang saya dapatkan. Namun, jika dilihat bagaimana urutan dan perkembangan dari sejarah Internasional Women Day ini sangat panjang. Sebuah perjuangan berabad-abad lamanya untuk dapat berpartisipasi dalam masyarakat, seperti juga kaum laki-laki bahwa gender perempuan dengan laki-laki setara, baik dalam bidang sosial, politik dan juga budaya. Dan ide ini telah berkembang sejak seabad yang lalu ketika dunia industri sedang dalam masa pengembangan dan pergolakan, bahkan diwarnai dengan berbagai kejadian tragis.

Di Indonesia sendiri, ada hari kartini dan hari Ibu, sebagai penghargaan bagi kaum perempuan. Tapi bagi saya, setiap hari adalah hari kita, karena islam telah mengatur dengan sangat jelas dan adil peran perempuan dan laki-laki di dalam hidup ini. Hmmm.. semoga kita tidak termasuk ke dalam golongan kaum feminis yang salah kaprah dalam memaknai kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan. Sungguh, telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an betapa pentingnya peran wanita, baik sebagai ibu, istri, saudara perempuan, mapun sebagai anak. Demikian pula yang berkenaan dengan hak-hak dan kewajiban-kewajibannya. Adanya hal-hal tersebut juga telah dijelaskan dalam sunnah Rasul.

Kesesatan dan penyimpangan umat tidaklah terjadi melainkan karena jauhnya mereka dari petunjuk Allah dan dari ajaran yang dibawa oleh para nabi dan rasul-Nya. Rasulullah bersabda, “Aku tinggalkan pada kalian dua perkara, di mana kalian tidak akan tersesat selama berpegang dengan keduanya, yaitu Kitab Allah dan sunnahku.” (Diriwayatkan oleh Imam Malik dalam al-Muwaththa’ kitab Al-Qadar III).

Jadi, saya sebagai perempuan hanya ingin berprestasi sebagai hamba Allah, sebagai sosok istri, ibu pencetak generasi berkualitas, pejuang yang mencerdaskan masyarakatnya, dan mitra kaum laki-laki dalam membangun peradapan sesuai tuntunan syariat islam. Aamiin.. ^_^

1 komentar:

kunjungan gan .,.
bagi" motivasi
keberuntungan selalu menghampri kita
hanya saja kita yg trkdng tdk brfkir demikian.,.
si tunggu kunjungan baliknya gan.,

Reply

Posting Komentar